HARI MARITIM NASIONAL INDONESIA 2018
ASIANPARAGAMES2018 asianparagames2018 ASIANPARAGAMES2018 ASIANPARAGAMES2018

Cari Blog Ini

Senin, 09 Juli 2018

Jalan Tembus Direalisasikan Hubungkan Rahtawu-Soco

KUDUS GEBOG - Wacana pembukaan akses Jalan Rahtawu (Gebog) dengan Soco (Dawe), kembali dicoba direalisasikan. Pembuatan akses jalan menyisir lereng Pegunungan Muria dimungkinkan dilakukan bila semua syarat dan tahapan diselesaikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sam’ani Intakoris, Minggu (8/7) menyebut syarat dasar pembukaan jalan yakni persetujuan tertulis warga. Persetujuan pemilik lahan di kedua wilayah menjadi landasan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

”Akan kami coba usulkan pelaksanaannya,” katanya. Selanjutnya, serangkaian kajian harus dilakukan. Selain kajian potensi dampak positif dan negatif, teknis pembuatan jalan penghubung perlu disiapkan.

Intinya, meskipun meyakini pembuatan akses penghubung bermanfaat, tidak ada satu tahapan ditinggalkan. ”Jangan sampai menimbulkan masalah di kemudian hari,” tandasnya. Setelah wacana perintisan, kata dia, belum dilakukan persiapan apa pun terkait pembukaan Rahtawu-Soco di lereng Pegunungan Muria.

Pihaknya tidak akan mengawali kegiatan sebelum ada kajian mendalam dari berbagai aspek, serta bukti dukungan warga sekitar. Kegiatan awal yang diusulkan berupa penyiapan lahan yang akan dilebarkan.

Alokasi

Tahap awal, diperkirakan dibutuhkan dana sekitar Rp 5 miliar hingga Rp 10 miliar. Seandainya segala sesuatunya siap, diusulkan melalui APBD Kabupaten Kudus. Secara resmi, hingga saat ini belum ada usulan dana untuk Rahtawu- Soco. ”Dana digunakan untuk pelebaran jalan di sekitar Rahtawu,” jeasnya.

Sebelumnya, Kadus Wetan Kali, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Saneka, menyebut tidak ada yang dipaksakan dalam rencana pembuatan jalan tembus Rahtawu-Soco. Hasil pertemuan dengan 45 orang pemilik lahan di wilayahnya yang akan digunakan untuk akses jalan, semuanya bersedia.

Segala sesuatunya disampaikan secara terbuka agar tidak memicu persoalan di kemudian hari. ”Yang jelas, warga sangat mendukung rencana tersebut,” ungkapnya.



Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/101989/jalan-tembus-direalisasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini