Cari Blog Ini

Sabtu, 14 Juli 2018

Juara 1 Kontes Robot Nasional,Tim UMM Jajal Kontes Robot di Amerika

MALANG, KOMPAS.com - Robot Dome karya Tim Robotika Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih juara 1 kategori kontes robot pemadam api Indonesia (KRPAI) pada Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2018 yang berlangsung di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Selasa (10/7/2018) hingga Jumat (13/7/2018). Robot itu mampu menjadi yang tercepat dan akurat dalam membidik titik api dengan waktu 3,62 menit. Hal itu menjadi modal bagi Tim Robotika UMM untuk menapaki kontes robot internasional yang akan digelar di Amerika Serikat. "Saat melihat nama Dome berada di urutan puncak, rasanya lega sekali," kata Ketua Tim Robotika UMM, Alfan Achmadillah Fauzi, Sabtu (14/7/2018) melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. Melalui kemenangan itu, Tim Robotika UMM menyisihkan dua pesaing terberatnya, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Alfan mengatakan, pihaknya melakukan riset khusus sebelum akhirnya menjuarai kontes robot tersebut. "Berlatih selama tiga bulan menjadikan kami sangat percaya diri untuk melenggang ke tingkat nasional," katanya. Selain itu, catatan prestasi Tim Robotika UMM sebelumnya juga menjadi motivasi bagi dirinya untuk memberikan performa yang maksimal. Sebelumnya, robot karya mahasiswa UMM mampu menjuarai kontes robot internasional Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Amerika Serikat Tahun 2017. Ada tiga mahasiswa yang andil dalam merakit robot tersebut. Yakni Alfan Achmadillah Fauzi sebagai ketua tim. Ken Dedes Maria Kunthy selaku teknisi, dan Rochmansyah sebagai anggota. Tim tersebut dibina oleh Nur Alif yang merupakan dosen elektro.

Nur Alif mengatakan, pihaknya akan menyiapkan dua robot lagi untuk kontes robot internasional di Amerika Serikat nanti. "Langkah ke depan, kami akan merampungkan dua robot lain dari divisi berkaki dan beroda untuk mempersiapkan diri dalam perlombaan di Amerika," katanya.



Sumber Berita :  https://regional.kompas.com/read/2018/07/14/12104091/juara-1-kontes-robot-nasionaltim-umm-jajal-kontes-robot-di-amerika