PANGGUNG GEMBIRA PATI 2018 Asian Games 2018

Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2018

Sedekah Laut Telan Rp 1,5 Miliar Santuni 1.500 Anak Yatim

PATI JUWANA - Penyelenggaraan sedekah laut Desa Bendar, Kecamatan Juwana menelan biaya besar. Panitia telah menyiapkan anggaran hingga Rp 1,5 miliar.

Jamari, ketua panitia sedekah laut Desa Bendar, Kecamatan Juwana mengatakan, anggaran sebesar itu didapatkan dari iuran swadaya masyarakat dan nelayan desa setempat. ”Namun, anggaran itu sebagian besar untuk kegiatan sosial yakni memberikan santunan kepada kurang lebih 1.500 anak yatim piatu.

Ribuan anak yatim piatu itu tak hanya dari Juwana saja, namun juga dari Wedarijaksa, Jakenan, dan Jaken,” terang Jamari. Selain santunan, acara sedekah laut juga diisi dengan khaul Syeh Datok Lodang, pengajian, serta pertandingan bola voli yang diikuti tim dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Hiburan musik dangdut tetap tidak ketinggalan untuk memeriahkan acara tersebut.

”Ada juga kegiatan lomba tangkap itik dengan menggunakan sampan atau perahu kecil. Kegiatan itu sangat seru dan ditunggu oleh warga dan wisatawan,” terangnya usai memimpin upacara larung saji di depan Kantor Kepala Desa Bendar, Minggu (1/7).

Menangkap Itik

Keseruan acara tersebut terlihat saat para peserta begitu antusias menangkap itik yang dilepas di Sungai Juwana. Setiap tim harus berjibaku mengayun sampan menangkap itik-itik tersebut. ”Hadiahnya sederhana namun menggiurkan, yakni dapat itik yang ditangkap plus uang Rp 100 ribu.

Panitia telah menyiapkan 20 ekor itik untuk diperebutkan,” terang Ketua Panitia Lomba Tangkap Itik, Kariyono. Pesertanya pun tak hanya dari desa setempat, namun juga banyak dari Desa Bumirejo, Kedungpancing, Kecamatan Juwana.

Meskipun terkadang ada yang tidak bisa mendapatkan itik, para peserta tetap bahagia lantaran acara tersebut memang untuk memberi hiburan masyarakat. ”Lomba ini untuk menjaga kebersamaan, silaturahim dan persaudaraan warga,” tambahnya. 



Sumber Berita :   https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/99933/sedekah-laut-telan-rp-15-miliar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini