Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2018

SMA Favorit Tetap Diserbu Pendaftar Pilihan Jurusan SMK Harus Sejenis

KUDUS - Meski diberlakukan sistem zoasi, ketertarikan calon siswa untuk mendaftar di SMA Favorit masih sangat besar. Terbukti, SMA favoritn seperti SMA1 Kudus, SMA 2 Kudus, dan SMA 1 Bae diserbu banyak pendaftar. ”Di hari pertama sudah mulai bisa dilihat pendaftar di SMA 1 Kudus ini sangat banyak,” kata Plt Kepala SMA 1 Kudus Sri Haryoko di sela-sela pelaksanaan PPDB di sekolahnya Senin (2/7).

Guru yang juga menjabat Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Kudus ini juga menyampaikan, pendaftar di sekolahnya pada hari pertama yang sudah terverifikasi berkasnya mencapai 356 pendaftar. Ada 255 pendaftar yang berada di zona 1, 97 pendaftar dari zona 2, dan 22 pendaftar dari luar zona. ”Ketertarikan siswa di luar zona 1 sebenarnya bisa lebih banyak lagi.

Hanya saja, ada perhitungan logis untuk pilihan selanjutnya.” Putri Maharani, salah satu pendaftar dari Desa Mlatilor, Kecamatan Kota mengatakan, sistem zonasi memang membantu siswa yang berdomisili di sekitar lokasi sekolah untuk masuk. Namun nilai juga menjadi pertimbangan, karena harus bersaing dengan pendaftar lain yang sangat banyak dan mengincar sekolah favorit, seperti SMA 1 Kudus.

”Kami ada beberapa pilihan, yaitu pilihan pertama di SMA 1 Kudus, pilihan kedua di SMA 1 Bae, dan pilihan ketiga di SMA 2 Kudus,” katanya. Dari pantauan laman https://jateng.siap-ppdb.com, hingga penutupan verifikai berkas hari pertama kemarin, pendaftar kelas IPAdi SMA 1 Kudus mencapai 284 orang dan IPS 72 orang.

SMA 1 Bae jurusan IPA 182 orang dan IPS 114 orang. SMA 1 Gebog jurusan IPA 136 orang , IPS 134 orang, serta Bahasa dan Budaya 19 orang. SMA 1 Jekulo jurusan IPA 84 orang, IPS 82 orang, serta Bahasa dan Budaya 5 orang.

SMA 2 Kudus jurusan IPA sebanyak 203 orang dan IPS sebanyak 108 orang. SMA 1 Mejobo jurusan IPA 70 orang, IPS 70 orang, serta Bahasa dan Budaya 3 orang. SMA 2 Bae jurusan IPA 55 orang dan IPS 118 orang.

SMK Negeri

Berbeda dengan SMA, sistem PPDB SMK tidak menggunakan sistem zonasi. Hanya saja, pendaftar hanya boleh memilih jurusan yang sejenis untuk pilihan pertama dan selanjutnya. Ada tiga SMK negeri yang membuka pendaftaran secara online, yaitu SMK 1 Kudus, SMK 2 Kudus, dan SMK 3 Kudus.

”Jadi boleh pilihan kedua di sekolah lain, tetapi harus jurusan sejenis, misalnya pariwisata dengan tata boga,” terang kepal MKKS SMK Saiful Hadi kemarin. Di SMK 1 Kudus, ada enam jurusan yang dibuka, yaitu tata boga, tata busana, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, akuntansi dan keuangan lembaga, bisnis daring dan pemasaran, serta perbankan syariah.

Di SMK 2 Kudus ada tiga jurusan, yaitu teknik kendaraan ringan otomotif, teknik audio-video, serta teknik komputer dan jaringan. Di SMK 3 Kudus ada empat jurusan, yaitu teknik kendaraan ringan otomotif, teknik komputer dan jaringan, tata busana, serta agribisnis pengolahan hasil pertanian.




Sumber Berita :   https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/99929/sma-favorit-tetap-diserbu-pendaftar