Cari Blog Ini

Kamis, 05 Juli 2018

Tilik Desa di Desa Jinggotan, Kembang Fasilitasi Pengembangan Wisata Hingga Infrastruktur

JEPARA KEMBANG - Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi kembali hadir menyapa masyarakat melalui program “Tilik Desa”. Pada Tilik Desa kali ini, keduanya bertemu dan menyerap aspirasi warga secara langsung di Desa Jinggotan, Kembang.
Kegiatan Tilik Desa yang digelar Selasa (3/7) malam tersebut juga dihadiri Sekda Jepara Sholih, pejabat terkait, perangkat desa hingga masyarakat sekitar.
Sebagaimana kegiatan Tilik Desa sebelumnya, bupati dan wakil bupati Jepara berinteraksi langsung dengan masyarakat yang hadir. Kali ini ada berbagai pertanyaan dan harapan warga yang direspon langsung. Mulai dari rencana pengembangan pariwisata di Desa Jinggotan, pembangunan infrasruktur, aktivitas galian C, pemerataan pembangunan pabrik di wilayah Jepara utara, tenaga kerja hingga bantuan pembangunan masjid.
Khusus untuk pengembangan wisata, salah satu warga Suwondo mengatakan, masyarakat berharap Pemkab Jepara bisa memfasilitasi masyarakat dengan pihak Perhutani untuk pengelolaan lokasi tebing di setelah jembatan Kecamatan kembang. Harapannya di lokasi tersebut bisa dibuat taman vertikal. ”Di sebelah Jembatan ada tebing yang cukup menarik jika dikembangkan menjadi taman wisata. Namun saat ini masih terkendala pengelolannya karena merupakan lahan Perhutani,” ungkapnya.
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, pihaknya berupaya memberi solusi dari persoalan yang dihadapi masyarakat. ”Tidak semua harapan masyarakat bisa dilaksanakan dengan cepat, kami akan buat skala prioritas,” katanya.
Soal pengembangan wisata sebagaimana yang disampaikan warga, dia akan membantu mengomunkasikan keinginan warga untuk pengelolaan lahan itu dengan Pihak Perhutani. ”Kami akan bantu berkomunikasi, supaya nantinya bisa dikembangkans ebagai tujuan wisata,” ungkapnya.
Bupati dan Wakil Bupati Jepara juga merespon permintaan warga untuk membantu pembangunan Masjid di Kecamatan Kembang. Marzuqi langsung merespon dan mengeluarkan bantuan secara pribadi yakni seratus sak semen untuk pembangunan masjid.
Tak mau kalah, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi juga membantu 50 sak semen, Sekda Jepara Sholih membantu 25 sak semen serta Direktur PDAM Jepara Prabowo memberikan tambahan bantuan 1 sak semen.
Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi menambahkan, soal infrastruktur dia juga menanggapi keinginan warga untuk membangun gapura di Desa Jinggotan menuju Desa Sumanding. Dia langsung menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dan Dinas pariwsiata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk segera merencanakan di perubahan anggaran APBD tahun 2019. ”Paling tidak di tahun 2020 sudah masuk dalam perencanaan,” imbuhnya.




Sumber Berita :   https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/07/05/85621/fasilitasi-pengembangan-wisata-hingga-infrastruktur