Cari Blog Ini

Sabtu, 14 Juli 2018

Tim Indonesia Untuk Olimpiade Fisika dan Olimpiade Kimia 2018 Siap Mengharumkan Nama Bangsa

KBRN, Jakarta:  Tahun ini, Indonesia kembali mengirimkan tim terbaiknya untuk mengikuti International Physics Olympiad (IPhO) dan International Chemistry Olympiad (IChO). Hal tersebut diinfokan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Jumat, (13/7/2018).  
Sebelumnya pada hari Kamis, Ditjen Dikdasmen Purwadi Sutanto telah melaksanakan pengarahan sekaligus pelepasan Tim Olimpiade Fisika dan Tim Olimpiade Kimia.
Tim olimpiade fisika Indonesia akan diwakili lima siswa terpilih yaitu Bryant Juspi (Riau), Jason Jovi Brata (DKI Jakarta), Ahmad Aufar Thoriq (Jawa Tengah), Raditya Adhidarma (Yogyakarta) dan (Johanes) Jawa Timur. Mereka akan bersaing dengan 94 negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Bosnia Herzegovina dan lain sebagainya. Mereka telah menyatakan siap bertanding pada ajang International Physics Olympiad 2018 di Lisbon, Portugal, 21-29 Juli 2018.
Kelima siswa terbaik tersebut juga telah diberikan pemahaman konsep-konsep fisika yang lebih mendalam dan lebih advance serta membiasakan mereka dalam pemecahan masalah-masalah fisika selama pembinaan. Sehingga diharapkan kelimanya dapat meraih medali emas dan mengharumkan kembali nama Indonesia di ajang internasional.
Sedangkan Tim Olimpiade Kimia Indonesia juga akan diberangkatkan ke Comenius University Bratislava, Slovakia dan University of Chemistry and Technology Prague, Czech Republic pada 17 Juli 2018.
Ada empat siswa terpilih sebagai duta siswa Indonesia di olimpiade kima internasional. Mereka adalah Abdullah Muqaddam (Banten) Ong Christoper Ivan Wijaya (Semarang), RIzki Kurniawan (Lampung) dan Muhammad Syaiful Islam (Bekasi).
Penentuan siswa terpilih tidak hanya berdasarkan pertimbangan faktor kompetensi dan keterampilan, tetapi juga dipertimbangkan dari hasil evaluasi atau test psikologis dan pengamatan keseharian siswa.Test psikologis dilakukan untuk memperoleh gambaran pribadi siswa yang akan diikut-sertakan dalam kompetisi IChO yang ketat, dan mempertimbangkan kestabilan fisik dan mental, serta daya juang siswa dalam menghadapi persoalan yang dihadapi. 



Sumber Berita :  http://rri.co.id/post/berita/548982/nasional/tim_indonesia_untuk_olimpiade_fisika_dan_olimpiade_kimia_2018_siap_mengharumkan_nama_bangsa.html