Cari Blog Ini

Senin, 20 Agustus 2018

Media Massa Harus Gunakan Kaidah Bahasa Indonesia yang Benar

Pati – Penggunaan bahasa Indoensia yang baik dan benar, tidak hanya berlaku dalam pembuatan makalah atau karya ilmiah. Tetapi, bagi pengelola media massa juga harus memperhatikan kaidah tersebut. Seingga, media massa dalam menyampaikan informasi bisa ditangkap oleh informan dengan tepat. Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah. Tirto Suwondo melalui wakilnya, Sunarti mengatakan, meskipun bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa nasional, tetapi terkadang masing banyak orang yang tidak bisa menggunakan bahasa Indoensia yang baik dan benar. Untuk itu, keberadaan media massa sebagai penyampai informasi, tentunya harus didasari dengan bahasa yang baik.
“Ini sangat penting, sebab ada banyak bahasa lokal atau bahasa daerah yang yang tidak memiliki padanan kata dalam bahasa Indonesia. Sebagai bahasa komunikasi, bahasa Indonesia juga kaya akan makna. Sehingga, apabila ejaannya tidak benar, tentu akan berakibat fatal,” ungkapnya saat memberikan materi dalam penyuluhan Bahasa Indonesia bagi media massa di Hotel Safin Pati, Senin (20/8/2018).
Lebih lanjut, sesuai dengan penelitian yang dilakukan Balai Bahasa Jateng, ada begitu banyak media massa di provinsi ini. Sehingga, apabila dalam penulisan berita itu tidak menggunakan bahasa yang baik, tentu penerima informasi juga tidak akan memahami.
“Lain halnya kalau penulisan berita itu sudah sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar, tentunya informasi akan mudah diterima oleh masyarakat,” imbuhnya.
Selain itu, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi berbahasa dan memartabatkan bahasa Indonesia dalam menjalankan fungsi jurnalistik.


Sumber Berita :  http://www.murianews.com/2018/08/20/147382/media-massa-harus-gunakan-kaidah-bahasa-indonesia-yang-benar.html