Cari Blog Ini

Senin, 20 Agustus 2018

Proyek Tambat Kapal di TPI Bajomulyo Dikucur Rp 2,4 Miliar

PATI JUWANA – Bupati Pati Haryanto meninjau lokasi persiapan pembangunan tambat labuh kapal di TPI Bajomulyo Juwana kemarin. Ia meninjau langsung proses pembangunannya.
Dengan dibangunnya tambat kapal ini, musibah kebakaran kapal bisa segera diantisipasi dan ditanggulangi. “Diperkirakan tambat labuh kapal ini nantinya bisa menampung sekitar 300 kapal. Sehingga, bisa mengurangi kepadatan kapal yang parkir di tepi sungai,” jelas Bupati.
Haryanto menjelaskan, tahun ini proyek tersebut mendapatkan anggaran sekitar Rp 2,4 miliar. ”Kami hitung secara faktual, sebab ketika tidak dihitung secara faktual, tidak akan tahu berapa dana yang diperlukan,” terangnya.
Haryanto menambahkan, peninjauan lapangan juga dilakukan karena semenjak dianggarkan, penyelesaian pembangunan tersebut belum bisa tuntas. Hal itu lantaran anggaran yang terbatas, juga akses jalan yang baru bisa dilalui pada tahun ini.
“Tidak ada masalah terkait pembebasan lahan, karena lahan seluas 12 hektar yang akan dibangun sudah siap. Justru kami konsentrasi pada pemadatan jalan dan pembuatan jalan,” ungkapnya.
Untuk melakukan efisiensi anggaran, dalam pelaksanaan proyek ini pemerintah daerah juga akan melakukan penggalian bibir sungai terlebih dulu. Tanah dari hasil pengerukan tadi bisa digunakan untuk penimbunan lahan di sekitar lokasi tersebut.
“Lalu kekurangannya bisa dianggarkan lagi, akses jalan untuk material dan parkir sudah dialokasikan,” jelasnya.
Pemerintah Kabupaten Pati mengaku, tetap melakukan koordinasi dengan kementerian agar tetap ada perhatian dari pemerintah pusat. Sebab menurut Haryanto, kalau hanya mengandalkan dana dari pemerintah daerah saja tidak cukup.
“Ini masih kami komunikasikan, semoga bisa keluar. Di samping itu, tambat labuh kapal ini tak semata-mata untuk satu keperluan saja. Tetapi, juga bisa dimanfaatkan untuk tempat industri di wilayah setempat,” pungkasnya.



Sumber Berita  :  https://radarkudus.jawapos.com/read/2018/08/16/92972/proyek-tambat-kapal-di-tpi-bajomulyo-dikucur-rp-24-miliar