Cari Blog Ini

Senin, 20 Agustus 2018

Riena Retnaningrum Ditujuk Jadi Penjabat Bupati Kudus

 

KUDUS - Staf ahli Gubernur Jawa Tengah bidang kemasyarakatan dan sumber daya manusia Riena Retnaningrum ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kudus.  Riena akan menggantikan posisi Plh Bupati Kudus yang dijabat Samani Intakoris, hingga pelaksanaan pelantikan bupati definitif yang diperkirakan baru dilaksanakan pada 21 September mendatang.
Sekadar diketahui, masa jabatan Musthofa sebagai Bupati Kudus habis per tanggal 14 Agustus 2018. Setelah itu, Gubernur Jawa  Tengah menunjuk Sekda Kudus, Samani Intakoris sebagai Plh Bupati, belum ada surat keputusan pengangkatan Pj bupati belum ditandatangi Mendagri.
Asisten Sekda Kudus, Masut mengungkapkan, rencananya Riena akan mulai melaksanakan tugasnya sebagai Pj bupati Kudus pada 22 Agustus mendatang. ”Jadi, beliau akan mengisi posisi Pj bupati Kudus menggantikan Plh bupati,” kata Masut, Minggu (19/8).
Disinggung mengenai adanya suara miring yang menyebutkan pengangkatan Plh Samani Intakoris menyalahi aturan, Masut membantahnya. Menurutnya, pengangkatan Plt sudah sesuai regulasi.  ”Karena SK Pj bupati belum turun, untuk menghindari kekosongan kekuasaan pada akhir jabatan bupati Musthofa pada 14 Agustus lalu, Gubernur menunjuk Plh,” tandas Masut.
Sementara, Plh Bupati Kudus Samani Intakoris mengungkapkan, pengangkatan Riena sebagai Pj Bupati Kudus berdasarkan SK Nomor 131.33-567 Tahun 2018. Berkas tersebut diterima pada Kamis (16/8). "Di dalam SK tersebut juga dijelaskan, Riena akan melaksanakan tugas harian Bupati Kudus sesuai dengan perundang-undangan," katanya.
Samani melanjutkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan proses pelantikan Penjabat Bupati Kudus, yang rencananya akan dilantik langsung oleg Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (21/8). “Rencanannya yang melantik Pak Ganjar sendiri, pelaksanaannya di Pendopo hari Selasa depan," katanya.
Selain menyiapkan proses pelantikan, imbuhnya, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Pj Bupati Kudus yang baru. Karena waktunya cukup singkat, maka harus dimaksimalkan. "Mengingat proses pelantikannya tinggal menghitung hari, setelah pelantikan saya kembali jadi Sekda Kudus. Setelah sebelumnya sebagai Plh," kata dia.



Sumber Berita :  http://www.wawasan.co/home/detail/5786/Riena-Retnaningrum-Ditujuk-Jadi-Penjabat-Bupati-Kudus