Cari Blog Ini

Rabu, 26 September 2018

Bupati Kudus Dengarkan Pandangan Fraksi-Fraksi tentang Perubahan APBD Kudus TA 2018

KUDUS- Siang Selasa (25/9), Bupati Kudus, HM. Tamzil dan Wakil Bupati Kudus, Hartopo menghadiri rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang perubahan APBD Kab Kudus TA 2018 yang diselenggarakan di DPRD Kudus. Rapat paripurna juga dihadiri Sekda, pimpinan OPD, maupun unsur Forkopimda.


Rapat paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kudus Achmad Yusuf Roni. Dalam agenda rapat kali ini, masing-masing fraksi mengemukakan pandangannya mengenai perubahan APBD TA 2018. Pandangan fraksi dimulai dari partai Golkar hingga Fraksi Partai Persatuan Bintang Pembangunan. Semua fraksi secara umum mengucapkan selamat atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kudus yang baru.

Jubir fraksi Golkar, H. Mawahib mengharapkan kepemimpinan bisa mengeluarkan potensi daerah dengan baik sehingga pendapatan asli daerah bisa meningkat. Sementara itu, jubir fraksi PDI P, H. Hadi Sucahyono, S.IP., M.Si. berujar bahwa anggaran untuk kebutuhan masyarakat semakin banyak sementara sumber daya semakin menurun. "Maka dari itu, menyamakan persepsi kembali untuk siapa peraturan daerah itu diadakan perlu dilakukan," ujar Hadi.

Sebagai partai pengusung bupati dan wakil bupati terpilih, jubir fraksi PKB H. Sunarto, SH., MH. menyatakan hal ini merupakan sarana perwujudan amal bakti kepada Kudus. "Dalam penyusunan RAPBD ini harus selalu teringat akan mandat dari rakyat, sehingga penyusunan RAPBD walaupun dalam waktu yang singkat bisa strategis dalam upaya untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya. Jubir fraksi Gerindra Kusma Hendriyanto, SH. juga menyatakan memberikan apresiasi kepada pendapatan daerah yang mengalami peningkatan sekaligus tetap memberikan kritik yang membangun.


Sementara itu, jubir fraksi PKS, H. Sayid Yunanta, S.Si. menyatakan sarannya agar mengoptimalkan waktu yang ada sehingga semua kegiatan terealisasi dengan baik. "Harus ada kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif," ujarnya. Sependapat, jubir fraksi Nasdem H. Muhtamat menyatakan selamat bekerja kepada kepemimpinan yang baru.

Di lain pihak, Jubir Fraksi Hanura Demokrat, Sumarjono meminta pemimpin OPD terkait untuk menyelesaikan permasalahan kekosongan pemimpin desa yang masih terjadi di beberapa tempat. "Sehingga, pelaksanaan pemerintahan daerah bisa optimal," ujarnya. Terakhir, jubir fraksi Partai PBP yang merupakan gabungan dari PPP dan PBB, H. Soetiyono, SE., MH. menyatakan mengapresiasi peningkatan kinerja jajaran pendapatan daerah dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.


Semua fraksi melampirkan kritik dan saran perubahan APBD TA 2018 kepada Bupati Kudus untuk dijawab. Sementara, sidang paripurna penjelasan dan jawaban Bupati Kudus diagendakan Rabu (26/9)


Sumber :  http://kudusnews.com/main/read/1/news/1315/bupati-kudus-dengarkan-pandangan-fraksi-fraksi-tentang-perubahan-apbd-kudus-ta-2018