Cari Blog Ini

Rabu, 23 Januari 2019

Rapat Koordinasi Rancangan Sistem Retribusi Online

KUDUS (22/1) - Bertempat di Command Center, Bupati Kudus H. M. Tamzil dan Wabup H. M. Hartopo melakukan rapat koordinasi bersama PT. Pura Barutama Kudus serta pihak terkait dalam upaya pembangunan sistem pengelolaan pajak dan sistem retribusi online guna menuju Kabupaten Kudus yang modern.

Tim dari PT. Pura, N. Faiz dan Iqbal memaparkan sistem pengelolaan pajak online dan sistem retribusi online yang telah digunakan di beberapa kota lain. Pada dasarnya kedua sistem tersebut memiliki arsitektur yang sama, hanya pada alat untuk mengoperasikannya saja yang berbeda. Pada sistem pengelolaan parkir 'on street' misalnya, dibutuhkan Terminal Payment Electronic dan Mobile Handheld sedangkan pada 'off street' dibutuhkan single combined cabinet on lane station. "Untuk monitoring sistem dapat dilakukan di desktop maupun mobile, admin juga dapat melihat rekap harian hasil retribusi," jelasnya. Sistem pembayaran akan dilakukan dengan menggunakan kartu yang terintegrasi dengan bank yang dipilih.

H. M. Tamzil mengungkapkan rencana pembangunan sistem pengelolaan pajak online dan sistem retribusi online merupakan langkah awal untuk mewujudkan salah satu visi Kabupaten Kudus yaitu Kudus yang modern. "Dari waktu ke waktu bisa mengarah kesana sesuai dengan visi kami, dengan memanfaatkan teknologi, aplikasi dan sistem yang ada untuk menuju kesana dalam lima tahun kedepan," ujarnya.

Untuk rencana lebih lanjut apabila masing-masing sistem berbasis online sudah berjalan dengan baik akan disinergikan kedalam sebuah satu sistem utama. "Setelah masing-masing berjalan mungkin kita jadikan satu sistem, dimana dengan kartu itu bisa membayar parkir, retribusi, pajak dan lain-lain," jelasnya.

H. M. Hartopo mengingatkan bahwa menggunakan sistem pembayaran elektronik rawan terjadi kendala, oleh karena itu dirinya menghimbau kepada penyedia layanan untuk menyiapkan solusi untuk hal tersebut. "Untuk alat E-money saya lihat dimana-mana banyak trouble, terus antisipasi barangkali trouble," tuturnya.



Sumber :  http://kudusnews.com/main/read/1/news/1555/rapat-koordinasi-rancangan-sistem-retribusi-online