Jumat, 17 Maret 2017

Cengklik Dilengkapi Listrik Tenaga Surya

BLORA-PERSOALAN ketiadaan listrik di kawasan wisata Bukit Cengklik di Desa Bicak, Kecamatan Todanan, Blora, mulai terpecahkan. Itu setelah SMK 1 Blora membantu peralatan pembangkit energi listrik tenaga matahari dan kincir angin. Dengan memanfaatkan energi surya, sejumlah siswa SMK 1 Blora menciptakan kincir angin pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan.
Peralatan tersebut kemudian dipasang di kawasan wisata yang dikenal dengan sebutan ”Atas Awan Blora”. ”Pembangkit listrik ini mampu menghasilkan daya listrik hingga 500 watt,” ujar Dodik Prasetyo, salah seorang siswa yang membuat pembangkit energi tersebut, kemarin.
Terletak di kawasan ketinggian yang cukup jauh dari permukiman, membuat kawasan wisata Bukit Cengklik tidak terjangkau aliran listrik PLN. Siswa SMKN 1 Blora memanfaatkan tiga baling-baling dan solar cell sehingga energi yang dihasilkan bisa digunakan pengunjung untuk mengecas ponsel atau laptop. Listrik yang dihasilkan disimpan dalam aki. Dengan memanfaatkan sensor, saat malam tiba, lampu di pembangkit listrik itu menyala sendiri.
Pembangkit listrik ini pun diklaim bisa jadi solusi bagi wisatawan yang berkunjung di Bukit Cengklik saat baterai ponsel mereka kehabisan daya. ëíMinimal bisa untuk ngecas ponsel,íí kata Febrina, salah seorang pengunjung yang telah menggunakan listrik dari pembangkit karya siswa SMKN 1 Blora tersebut.
Peralatan pembangkit listrik tersebut telah diserahterimakan kepada kepala desa Bicak dan pengelola kawasan wisata Bukit Cengklik. Diharapkan dengan dipasangnya alat tersebut bisa membuat wisatawan betah di puncak bukit yang memiliki pemandangan bagus. Destinasi wisata ini baru dikembangkan sejak pertengahan tahun lalu.
Sejumlah pemuda desa menemukan destinasi wisata di ketinggian bukit ini dan mengembangkannya menjadi kawasan wisata. Pemuda desa membuat gardu pandang, rumah pohon hingga gazebo dari kayu dan bambu yang diletakkan di puncak bukit. Lokasi tersebut menjadi tempat menarik untuk berburu foto pemandangan alam.
Pada jam tertentu, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Gunung Muria (Kudus) di sebelah utara dan Gunung Lawu (Magetan) di sebelah selatan dengan jelas. Di bawah bukit terhampar hutan dan persawahan hijau.
Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/cengklik-dilengkapi-listrik-tenaga-surya/