Rabu, 15 Maret 2017

Dibangun Rumah Pohon, Jumlah Pengunjung Meningkat

GROBOGAN – Sejak diresmikan sebagai desa wisata, Desa Sumber Jatipohon, Grobogan, atau Jati Pohon Indah (JPI) terus berbenah. Bahkan, kini kian dilengkapi dengan adanya rumah pohon di Bukit Lamping. Lokasi itu, kini nge-hits dan diburu para pengunjung.
Desa wisata yang masuk di kawasan Pegunungan Kendeng Utara itu, terus mengalami lonjakan pengunjung. Di antara yang menjadi daya tarik, ada wahana baru rumah pohon dan spot foto lainnya. ”Setelah dibangun rumah pohon, lonjakan pengunjung sekitar 50 persen. Bahkan akhir pekan bisa lebih banyak lagi,” kata Kepala Desa (Kades) Sumber Jatipohon Eni Endarwati.
Dia menuturkan, inovasi terus dibuat pengelola bersama pihak desa untuk dapat menarik pengunjung dari berbagai daerah. Selain rumah pohon, juga dibangun tugu Katresnan, gardu pandang, dan sejumlah gubuk di atas bukit.
”Harus berani berinovasi. Kalau kita menyuguhkan tempat yang nyaman, pasti akan ada peminatnya. Jadi, itu suatu tantangan bagi kami untuk terus kreatif memunculkan ide-ide baru,” paparnya.
Tak hanya itu, lokasi ini banyak diminati karena jauh dari kebisingan dan hingar bingar kota. Selain itu, dapat menikmati sunset dan sunrise. JPI juga menawarkan camping ground malam. Pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Purwodadi dari atas.
Salah satu pengunjung, Dwi Arofa mengatakan, biaya masuk JPI terbilang murah, namun mampu memberikan kepuasan pengunjung. ”Selama ini di Grobogan jarang menemukan tempat yang sesegar dan senyaman ini. Apalagi biaya masuknya murah. Hanya Rp 5 ribu sudah dapat menikmati keindahan alam seharian,” katanya.
Sementara itu, salah satu pengelola wisata JPI, Beny mengatakan, JPI sebenarnya sudah ada sejak 1931 silam. Sebab, daerah ini merupakan daerah perbukitan. Bahkan, dulu sempat dijadikan tempat peristirahatan para pejabat Kabupaten Grobogan.
”Namun dulu sarana dan prasarana masih seadanya. Sebab, belum ada campur tangan dari siapapun. Kalau sekarang sudah terlibat. Bahkan, para komunitas wisata di Grobogan juga mulai membantu mengembangkan wisata di sini,” tandasnya.
Beny berharap, JPI bisa menjadi wisata andalan yang mampu menarik lebih banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/14/3353/dibangun-rumah-pohon-jumlah-pengunjung-meningkat/