Selasa, 07 Maret 2017

Dilanjutkan, Penimbunan Inti Bendungan Logung







KUDUS – Penimbunan inti bendungan sejak akhir pekan lalu mulai dilakukan lagi. Proses tersebut tesendat sejak November tahun lalu karena hujan deras yang sering melanda kawasan tersebut dan membuat pekerjaan penimbunan belum dapat dilakukan.
Meskipun begitu, proses penimbunan tetap harus mempertimbangkan kondisi cuaca karena potensi hujan diperkirakan masih dapat turun sewaktu-waktu.
Pejabat Pembuat Komitmen Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Zulfan Arief Mustafa, mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, kemarin.
Sejauh ini belum ada kendala berarti terkait proses penimbunan tersebut. Perkembangan di lapangan, dari rencana realisasi 44,474 persen, sudah terealisasi sebesar 44,591 persen atau terdapat deviasi sebesar 0,117 persen.
”Hingga kemarin, penimbunan masih dapat dilakukan,” jelasnya. Sejak musim hujan berlangsung, pihaknya memang menghentikan sementara proses penimbunan inti bendungan.
Kondisi seperti itu diyakini akan mempengaruhi kualitas material dan proses pengerjaan yang dilakukan di lapangan.
Pada akhirnya, hal tersebut akan berdampak pada kekuatan waduk pada masa mendatang. ”Sebagai gantinya, pembuatan spillway atau saluran pengelak digenjot,” ujarnya.
Disiapkan
Tidak hanya itu, material yang dipersiapkan untuk penimbunan sebenarnya sudah disiapkan di sekitar lokasi. Komposisi material memang harus memenuhi sederet ketentuan. Pasalnya, lanjut dia, hal itu terkait langsung dengan kekuatan konstruksi.
”Bila cuaca memungkinkan akan langsung dilakukan, seperti yang sudah dilakukan saat ini,” ungkapnya. Material yang dipersiapkan untuk proses penimbunan sudah ditutup terpal biru.
Meskipun begitu, bila akan digunakan tidak dapat serta merta langsung diuruk ke lokasi yang telah ditentukan. Disinggung soal ketersediaan material, dia menyebut tidak ada persoalan berarti.
Sejauh ini, proses penimbunan inti bendungan sudah disetok untuk keperluan sepekan penggunaan. Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah pusat berharap Waduk Logung tuntas pada 2018.
Meskipun begitu, upaya untuk mengakselerasi penuntasan proyek publik yang digagas sejak tahun 1970-an tersebut, sesuai yang dikemukakan pelaksana lapangan masih akan dimungkinkan dari tenggat yang diancangkan.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/dilanjutkan-penimbunan-inti-bendungan-logung/