Jumat, 17 Maret 2017

Ditemukan Pipa Sumur Minyak Tua

BLORA- Pipa besi yang masih tertancap di tanah ditemukan di persawahan di Desa Banjarejo, Kecamatan Banjarejo, Blora. Diduga pipa besi tersebut merupakan casing sumur minyak tua. Sejumlah warga berupaya mencabut, bahkan memotong pipa yang sebagian sudah berkarat tersebut, namun tidak berhasil. Penemuan pipa seukuran paha orang dewasa itu menguatkan dugaan di kawasan tersebut dulu merupakan kawasan pertambangan minyak.
Apalagi tak jauh dari tempat itu terdapat sumur-sumur tua di kawasan Temetes. Ahmad, salah seorang warga Banjarejo menuturkan, pipa itu ditemukan saat terjadi longsor tanah di sepanjang jalan yang menghubungkan Kecamatan Banjarejo dan Ngawen.
Longsoran bahu jalan itu melebar hingga ke persawahan warga. ëíDari situlah diketahui ternyata ada pipa besi yang tertanam di sawah milik Wahyu,íí ujarnya, kemarin. Dia menduga pipa tersebut bekas penambangan minyak zaman Belanda. Itu terlihat dari ciri fisik dan kekuatan benda tersebut. Warga pernah mencoba memotongnya namun tidak berhasil.
Dari cerita warga, dulu di tempat tersebut pernah ada kegiatan penambangan minyak. Hal itu dikuatkan salah satu lapangan sumur minyak tua yakni Lapangan Metes, yang jaraknya tidak jauh dari tempat itu.† ”Dari cerita dan bukti pipa itulah semakin menguatkan dugaan jika lokasi pipa itu adalah sumur minyak tua,íí tandas Yusuf, warga lainnya.
Field Manager Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu, Agus Amperianto menduga pipa yang ditemukan warga tersebut adalah bagian dari sumur tua. ”Kemungkinan†itu casing pipa dari sumur,” ujarnya, sambil menambahkan pihaknya belum berencana mengecek pipa tersebut.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ditemukan-pipa-sumur-minyak-tua/