Rabu, 29 Maret 2017

Kontes Kambing Etawa Kaligesing di Pasar Hewan Tayu Kulon

PATI-TAYU – Pecinta kambing etawa ras kaligesing se-Karesidenan  Pati unjuk gigi tampilkan kambing piaraannya dalam  kontes kambing etawa di Pasar Hewan Tayu Kulon Kecamatan Tayu, Pati, Minggu pagi (26/3).
Kontes kambing etawa yang diselenggarakan  DPD (Persatuan Peternak Kaligesing Nasional) Perkkanas tersebut sebagai pemacu (stimulus) pemeliharaan kesehatan hewan yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan perekonomian peternak. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng, Ir. Agus Suprioyanto, mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang berpartisipasi dalam kontes kambing etawa ras kaligesing.
“Sehingga diharapkan gairah masyarakat untuk berternak akan semakin meningkat, dan juga kesadaran tentang pemeliharaan hewan yang baik menyangkut kesehatan hewan ternak meningkat yang pada akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian peternak,” imbuhnya.
Kepala Dinas Pertanian dan  Peternakan (Dispertanak) PaTI, Mukthar Efendy, menuturkan selain berdampak pada menigkatnya minat masyarakat untuk beternak kambing etawa yang memiliki nilai ekonomis tinggi, dengan adanya kontes ini diharapkan memererat persatuan dan kekeluargaan peternak. Sehingga berdampak pada stabilitas harga ternak.
“Saya harap acara dan kontes seperti ini bisa berlanjut di tempat dan waktu yang berbeda sehingga iklim dan suasana akan tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” terang Mukthar Efendy.

Dandim 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan peternak kambing sebagai wujud pembinaan teritorial  dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Selainitu dari kontes kambing etawa bisa tercipta stabilitas pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
“Kodim 0718/Pati akan selalu mendukung dan bekerja sama dalam bidang apapun sebagai pelopor dan penggerak masyarakat, menciptakan suasana kondusif, peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Sumber Berita : http://wartapati.com/info-pati/komunitas/kontes-kambing-etawa-kaligesing-di-pasar-hewan-tayu-kulon/