Jumat, 24 Maret 2017

Kopi Jollong Diekspor ke Italia dan Jepang

PATI - Kopi jollong banyak diminati. Tidak saja di pasaran dalam negeri, kopi dari wilayah Pati tersebut ternyata mampu menembus pasar luar negeri. Asisten Kepala PTPN IX Kebun Jollong Pati, Sukirno mengatakan hal itu, kemarin.
Menurutnya, tiap tahunnya hampir sebagian besar produksi kopi jollong diekspor, antara lain ke Italia dan Jepang. Belakangan ini negara-negara di Timur Tengah juga banyak meminta kopi itu. Selain dikirim ke luar negeri, kopi jollong ada yang diolah dalam bentuk bubuk siap saji dan dipasarkan di dalam negeri. Saat ini kopi tersebut telah dikemas secara modern.
‘’Kami mengemasnya sedemikian rupa supaya lebih menarik dan dalam beberapa ukuran.’’ Setiap tahun kebun Jollong mampu memproduksi sekitar 179 ton kopi kering mentah, jenis robusta yang memiliki ciri khas. ‘’Kami belum berhasil mengembangkan jenis arabika karena ketinggian tanah tak sesuai dengan yang dipersyaratkan.’’ Dikatakan, masa panen biasanya mulai Juli hingga September.
Ia yakin panen tahun ini baik mengingat cuaca sangat mendukung pertumbuhan tanaman kopi. Diakuinya beberapa waktu lalu wilayah Jollong kerap dilanda angin kencang dan merontokkan daun tanaman kopi. Angin kencang juga memengaruhi proses penuaan buah. Namun tahun ini ia optimistis tidak memngaruhi produksi.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kopi-jollong-diekspor-ke-italia-dan-jepang/