Rabu, 08 Maret 2017

Mendagri Pastikan e-KTP Jalan Terus Meski Jadi Kasus




Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tetap berlanjut meski proses penganggaran dan pengadannya bersamalah.

Tjahjo menegaskan, meski Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini sedang menangani kasus e-KTP, namun proses perekaman data kependudukan tetap berjalan. ”Tidak menjadi kendala Kemendagri," ujar Tjahjo saat dikonfirmasi, Rabu (8/3).
Menurut Tjahjo, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri selama dua tahun ini mampu menggenjot jumlah penduduk yang terekam dalam database kependudukan. Hanya saja, untuk penerbitan e-KTP di beberapa daerah memang mengalami kendala karena kehabisan blanko.
Namun, katanya, Kemendagri sedang dalam proses pengadaan blanko. "Semoga Maret ini proses lelang dapat selesai sehingga bisa cetak bertahap dan dikirim ke daerah," katanya.
KPK menemukan adanya tiga penyimpangan dalam proyek e-KTP yang menelan anggaran negara Rp 5,9 triliun. Yakni dalam proses perencanaan, pembahasan anggaran, hingga realisasinya. 

Ternyata ada kerugian negara hingga Rp 2,5 triliun. Uang dari proyek e-KTP juga mengalir ke banyak pihak.

Sumber Berita : http://www.jpnn.com/news/mendagri-pastikan-e-ktp-jalan-terus-meski-jadi-kasus