Jumat, 17 Maret 2017

Pasar Reguler Siap Dibangun di Sale

REMBANG- Pemkab Rembang akan membangun pasar reguler di Kecamatan Sale pada tahun ini. Pasar senilai Rp 6 miliar itu merupakan bantuan dari Kementerian Perdagangan.
Camat Sale, Kunardi saat dimintai konfirmasi mengatakan, pasar yang akan dibangun tahun ini direncanakan buka tiap hari. Pengelolaannya langsung di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Rembang. Saat ini Pemkab sudah melakukan beberapa persiapan terkait pembangunan pasar tersebut. Salah satunya menentukan lokasi di Desa Wonokerto, tepatnya di tepi ruas jalan Lasem-Sale.
Pemkab sudah meminta Kecamatan Sale untuk membantu pengadaan lahan seluas sekitar 0,5 hektare. Luas lahan tersebut sesuai dengan arahan Kementerian Perdagangan sebagai institusi pemberi bantuan. Tiap Hari √¨Gambaran awal sudah dipastikan lokasi pasar di Desa Wonokerto, di arah Desa Joho. Pasar tersebut direncanakan beroperasi tiap hari di bawah pengelolaan Disperindagkop.’’
Menurutnya, desain dan mekanisme lain terkait pembangunan pasar itu ditangani oleh Disperindagkop Kabupaten Rembang. Sejauh ini, aparat Kecamatan Sale hanya sebatas sebagai administrasi lokasi dan menyiapkan lahan. ”Desain pasar dan sebagainya itu ranah Disperindagkop, yang tahu mereka.
Kami hanya sebatas membantu menyediakan lahan seluas 0,5 hektare, sebagaimana arahan Kementerian Perdagangan.’’ Saat ini ada tiga pasar tradisional yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sale. Pasar tersebut adalah Pasar Sale, Pasar Mrayun serta Pasar Tahunan. Namun, pasar tersebut tidak buka setiap hari karena pengelolaannya di bawah pemerintah desa.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pasar-reguler-siap-dibangun-di-sale/