Sabtu, 11 Maret 2017

Pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Kudus 2017 Dimulai

KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus memulai serangkaian tahapan pelaksanaan pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Kudus 2017. Pendaftaran duta wisata sudah dimulai sejak 6 Maret dan akan berakhir pada 31 Maret 2017. Muda-mudi yang memiliki potensi bisa segera mendaftarkan diri secepatnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Yuli Kasiyanto mengatakan, kali ini dipastikan pelaksanaannya lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. ”Pada 2016 kami tidak menyelenggarakan pemilihan duta wisata. Tahun ini akhirnya kami gelar kembali dan Insya Allah bakal lebih meriah,” katanya kemarin.
Pemilihan Mas dan Mbak ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Kudus. Penyelenggaraan pemilihan duta wisata merupakan bagian penting dari pembangunan dunia pariwisata, serta pelestarian nilai seni dan budaya daerah.
Duta wisata merupakan sosok yang diharapkan dapat menjadi bagian terdepan di Kudus untuk menggali, memperkenalkan hingga kemudian menjadi bagian dari denyut kehidupan seni, budaya dan pariwisata daerah. ”Duta wisata memiliki peranan penting, terutama dalam mengenalkan potensi wisata,” terangnya.
Perlu diketahui, ajang pemilihan duta wisata merupakan atraksi wisata yang bertujuan melestarikan budaya daerah. Selain itu, juga sebagai sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata.
 Melalui ajang ini, para finalis duta wisata diharapkan dapat memiliki disiplin, dedikasi, dan tanggung jawab yang tinggi untuk membantu pemerintah daerahnya dalam memamerkan serta mempromosikan keanekaragaman kebudayaan daerah kepada wisatawan.
Sebagai duta wisata, selain harus mampu mempromosikan dunia wisata daerahnya, juga harus mampu membantu pemerintah daerah mengajak warga untuk menjaga budaya bersih, indah, dan tertib. ”Tujuan akhirnya, menghasilkan pibadi masyarakat yang bersih, bermoral, serta bermental baik,” jelasnya.
Kriteria penilaian duta wisata senantiasa ditingkatkan kualitasnya dengan menitikberatkan kepada keterpaduan seluruh komponen penilaian secara menyeluruh. Hal itu menyangkut perpaduan terbaik dari aspek-aspek yang mencakup pengetahuan umum, pengetahuan sejarah dan kebudayaan, pariwisata, public speaking, etika perilaku dan busana, penguasaan bahasa, psikologi dan pengembangan diri.
Untuk waktu pendaftaran, pihaknya menyiapkan waktu cukup panjang, sejak 6 Maret hingga 31 Maret 2017. Warga yang ingin mendaftar bisa diatang pada pukul 07.30-15.00. Khusus untuk Jumat pendaftaran dibuka pukul 07.30 hingga 11.00.
Tempat pendaftaran di kantor Disbudpar Kudus Jalan GOR Wergu Wetan Kudus atau hubungi (0291) 435958. Untuk mendaftar tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
Total ada 13 item persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, pendaftar harus penduduk Kabupaten Kudus dan belum menikah. Itu dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), kartu OSIS/kartu pelajar dan kartu mahasiswa bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa.
Syarat kedua, pendidikan SMA/SMK/MA/mahasiswa dan umum dengan rentang usia 17 tahun dan maksimal 25 tahun. Lalu menyerahkan fotokopi akta kelahiran, selanjutnya pendaftar harus sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dokter. ”Semua syarat harus dipenuhi,” jelasnya.
Selain itu, pendaftar harus memiliki tinggi badan minimal 165 sentimeter bagi pendaftar putri dan pendaftar putra tinggi badan minimal 170 sentimeter.  Pendaftar juga harus memiliki pengetahuan umum dan keterampilan kepariwisataan, lalu menguasai secara aktif Bahasa jawa, Indonesia, Inggris atau bahasa asing lainnya.
Syarat penting lainnya tentu harus memiliki penampilan menarik, berkepribadian serta memiliki etika yang baik. Selanjutnya menyerahkan biodata peserta, mendapatkan surat izin dari orang tua atau wali.
Peserta juga harus menyerahkan foto berwarna, serta menyerahkan karya tulis tentang pembangunan pariwisata di Kudus dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Semua persyaratan peserta diamsukkan dalam stopmap biru untuk putra dan merah untuk putri. Stopmap ditulisi nama, alamat, dan asal sekolah atau kampus. ”Jika masih ada yang merasa kurang jelas, bisa langsung menanyakan ke kantor. Nanti akan diberikan penjelasan lebih gamblang,” ungkapnya.
Dalam even pemilihan duta wisata nantinya dilakukan secara meriah, karena ada kegiatan-kegiatan yang dipilih cukup bagus. Seperti pelaksanaan kirab yang akan melibatkan komunitas mobil di Kabupaten Kudus.
Untuk itu, pihaknya berharap warga Kudus atau pemuda-pemudi bisa segera mendaftarkan diri. Jangan sampai ketinggalan, waktunya masih panjang, bisa dimanfaatkan untuk mendaftarkan diri. ”Kami juga menyiapkan piagam penghargaan, tropy dan uang pembinaan,” imbuhnya.
Namun yang jelas, kegiatan pemilihan duta wisata merupakan salah satu upaya Pemkab Kudus untuk terus meningkatkan potensi wisata. Aplagi pihaknya terus melakukan berbagai upaya agar pariwisata di Kabupaten Kudus bisa terus berkembang.

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/09/3314/pendaftaran-pemilihan-duta-wisata-kudus-2017-dimulai-/