Jumat, 10 Maret 2017

Perkantoran Diminta Menyebar

BLORA – Keberadaan kawasan perkantoran dinas dan instansi diyakini bisa menjadi daya ungkit perekonomian masyarakat sekitar. Dengan keyakinan seperti itu, Bupati Blora Djoko Nugroho menghendaki kawasan perkantoran menyebar di seluruh penjuru Kota Blora.
‘’Kawasan sekitar Jalan Halmahera selama ini cukup sepi. Saya ingin ada salah satu dinas yang berkantor di kawasan tersebut. Itu akan menjadi daya ungkit perekonomian dan motivasi masyarakat di sekitar situ,’’ujar Bupati Djoko Nugroho, kemarin.
Setelah melalui berbagai pertimbangan, Bupati menginginkan kantor dinas yang nantinya dibangun di kawasan Jalan Halmahera di Kelurahan Jetis, adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil). Sebab, menurut dia, kantor itu tak hanya ramai aktivitas pegawai tetapi juga warga yang mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).
‘’Saya minta kantor Dindukcapil nantinya pindah ke kawasan Jalan Halmahera. Tujuannya, supaya di kawasan itu yang tadinya sepi bisa lebih ramai,’’tandas Bupati. Djoko Nugroho yang juga mantan komandan Kodim Rembang menjelaskan, penyebaran kantor sejumlah dinas dan instansi mulai dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Bupati menguraikan, di selatan Kota Blora selain akan dibangun pasar Blora di kawasan Gabus juga akan dibangun kantor Kecamatan Blora.
Penyemangat
Sementara di bagian barat Kota Blora, keberadaan kantor Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) yang saat ini masih dibangun diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi masyarakat sekitar untuk membuka usaha. Menurut bupati, di utara kota sudah ada kantor Dinas Perdagangan, Dinas Perindustiran dan Dinas Peternakan.
Di kawasan timur Blora, sudah selesai dibangun kantor Satpol PP, BPBD dan kawasan ekonomi Blok S. Menyusul berikutnya akan dibangun kantor Dinas Pertanian. ‘’Kami ingin perkantoran mengepung wilayah perkotaan. Perkembangan perekonomian masyarakat lebih dinamis dan tidak terpusat di satu lokasi saja,’’tegas Bupati.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/perkantoran-diminta-menyebar/