Rabu, 08 Maret 2017

Raih Penghargaan Kalpataru





BLORA-

KONSISTEN dalam mengabdi pada masalah lingkungan hidup bagi siswa sekolah dan lingkungan sekolah.
Mengantarkan Rini Widiyastuti menerima penghargaan Kalpataru untuk pengabdi lingkungan tingkat Provinsi tahun 2016.
Guru SMA 2 Blora itu memang sejak lama mengenalkan dan menggalakkan siswa dan guru untuk berprilaku peduli lingkungan saat di sekolah dan lingkungan sekitar.
Setelah dirinya menjadi penanggung jawab program (PJP) Lingkungan. Sejak 2010 hingga sekarang, lingkungan sekolah diberikan edukasi melalui penerapan kurikulum berbasis lingkungan.
Hingga prilaku siswa, guru, penghuni sekolah perlahan namun pasti kepedulian akan lingkungan mulai terbangun dengan baik.
Termasuk membawa SMA 2 Blora mendapatkan predikat sekolah adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2015. Di mana saat ini sedang persiapan untuk berjuang mewujudkan sekolah adiwiyata mandiri.
Beragam inovasi dan terobosan terus dilakukan olehnya, salah satunya bersama sekolah seluruh siswa dan guru memiliki tas go green yang bisa dibawa kemana saja. Tas tersebut berwarna hijau, seluruh penghuni sekolah memiliki satu-per satu.
Kunci Keberhasilan
”Dukungan semua guru dan siswa menjadi kunci keberhasilan dalam mewujudkan kepedulian lingkungan di sekolah,” ungkapnya.
Dia mengakui kalau untuk menjadi sekolah adiwiyata memang tidak mudah, namun sekolah lainnya agar jangan takut untuk memulainya.
Semakin banyak akan semakin bagus, sebab bisa membentuk siswa peduli lingkungan dengan kesadaran mereka. Anak-anak sekolah memang harus berperan dalam penyelamatan lingkungan.
Selain komponen sarana dan prasarana juga harus di dukung dengan kegiatan yang berbasis lingkungan, kurikulum yang mendukung serta kebijakan dari pihak sekolah.
”Kebijakan sekolah dan kurikulum inilah yang menjadi kendala banyak sekolah,” beber Rini.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/raih-penghargaan-kalpataru/