Jumat, 17 Maret 2017

Tak Ada Kapal Sandar, Cocok untuk Mancing

RAMBANG - KRAGAN – Setelah sempat mundur dari target awal pengerjaan, dermaga di kompleks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karanganyar akhirnya selesai dikerjakan. Namun, belum ada kapal nelayan yang memanfaatkannya. Justru, dermaga itu dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing.
Seharusnya proyek senilai Rp 4,8 miliar itu selesai pada 13 Desember 2016 sesuai dengan Surat Perintah Kerja (SPK). Namun, rekanan tak sanggup menyelesaikannya dan diberi perpanjangan hingga 31 Desember 2016.
Di kesempata perpanjangan itu, pelaksana pekerjaan dari PT Tirta Bumi Kencana Pati itu juga tak mampu menyelesaikan pekerjaan. Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) di Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) akhirnya memutus kontraknya.
Akan tetapi, rekanan memiliki inisiatif untuk menyelesaikan pekerjaan dengan dana sendiri. Pekerjaan itu akhirnya selesai sekitar sebulan lalu. Terdapat 16 bolder yang biasa digunakan untuk menambatkan tali kapal ke dermaga.
Hanya saja, belum ada lampu penerangan di dermaga sepanjang 116 meter itu. Besi-dan kayu bekas untuk pengecoran juga masih terlihat di beberapa titik. Tak ada satupun kapal nelayan yang ditambatkan di dermaga itu.
Lilik, warga Desa Tanjungan, Kragan mengungkapkan kapal jenis mini poursin memang tak berani merapat ke tinggi dermaga dinilai terlalu rendah. Sehingga, nelayan khawatir akan merusak badan kapal. ”Kalau kapal-kapal cukrik masih berani ke sini (dermaga),” ungkapnya.
Sejak selesai dikerjakan sekitar sebulan lalu, dia mengungkapkan dermaga itu lebih sering dimanfaatkan oleh warga untuk memancing terutama di sore hari. Bahkan, terkadang ada warga Sarang yang memancing di dermaga.
Sementara itu, Ramin yang juga warga Desa Karanganyar, Kragan berharap pemerintah melengkapi fasilitas pendukung dermaga. Sehingga, aktivitas bongkar muat ikan di lokasi tersebut bisa seramai di TPI Tasikagung ataupun Sarang. ”Jadi, kapal-kapal dari sini ngga  usah jauh-jauh bongkar di Rembang,” ujarnya.

Sumber Berita :  http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/17/3375/tak-ada-kapal-sandar-cocok-untuk-mancing/