Kamis, 23 Maret 2017

Wedarijaksa Lunas PBB-P2 Tercepat

PATI - Kecamatan Wedarijaksa mencatatkan sejarah baru di bidang perpajakan. Wilayah yang berada tepat di bagian utara Kecamatan Pati Kota ini tercatat sebagai kecamatan dengan tingkat pelunasan pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2) tercepat di Kabupaten Pati.
PBB-P2 dari 18 desa yang ada di kecamatan itu terbayar lunas hanya dalam waktu dua bulan. Pencapaian tersebut berbalik 180 derajat dengan tahun sebelumnya. Pada 2016, Wedarijaksa menjadi kecamatan paling terakhir dalam penyetoran PBB-P2, bahkan masih memiliki tunggakan senilai kurang lebih Rp 13 juta. Tahun lalu, pelunasan PBB-P2 tercepat dicatatkan Kecamatan Gembong.
Saat itu, Gembong juga dipimpin Camat Edwin Riyono CI, yang kini memimpin di Wedarijaksa. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Turi Atmoko menyebut Edwin sebagai camat spesialis pelunasan PBB tercepat. Bahkan Bupati Pati Haryanto mengaku, Edwin dipindah ke Wedarijaksa tahun ini untuk mengatasi kesulitan pelunasan pajak di Wedarijaksa.
Turi menjelaskan, sampai 21 Maret 2017 wilayah yang telah melunasi PBB-P2 sebanyak 138 desa dari total 406 desa/kelurahan di Pati. Tahun ini baku ketetapan awal PBB-P2 ditetapkan Rp 20,7 miliar. Ketetapan itu meningkat sedikit dari tahun sebelumnya, Rp 20,2 miliar. Kala itu, realisasi PBB-P2 dari 406 desa/kelurahan yang tersebar di 21 kecamatan sebanyak Rp 20,1 miliar.
“Biasanya yang melunasi PBB-P2 paling awal adalah Kecamatan Gembong, sekarang beralih ke Wedarijaksa. Ini perkembangan yang baik karena semua wilayah saling berlomba untuk lunas lebih awal,” kata Turi saat acara pekan panutan penyampaian surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) tahun pajak 2016 secara e-Filing di Pendapa Kabupaten Pati, kemarin.
Komunikasi
Dia mengatakan, desa yang melunasi PBB-P2 lebih cepat diberikan penghargaan berupa transfer 15 persen dari nilai baku pajak ke rekening desa. Semua desa di Wedarijaksa dipastikan mendapat apresiasi tersebut. Baku pajak yang ditetapkan di Kecamatan Wedarijaksa senilai Rp 894.842.817. Hanya butuh waktu dua bulan bagi 18 desa di wilayah tersebut untuk melunasinya. Pelunasan sendiri rampung seluruhnya pada 28 Februari lalu.
Koordinator Kepala Desa Kecamatan Wedarijaksa Karyadi mengemukakan, pelunasan pajak jauh lebih awal dari jatuh tempo yang ditentukan (September) merupakan buah komunikasi dan koordinasi yang baik antara pemerintah kecamatan dengan desa.
Sejauh ini, sosialisasi pelunasan PBB-P2 intensif dilakukan Pemerintah Kecamatan Wedarijaksa. “Terus terang ini tidak lepas dari peran dari Pak Camat yang sering turun langsung ke desa untuk mengingatkan dan menjalin komunikasi,” kata Karyadi.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/wedarijaksa-lunas-pbb-p2-tercepat/