Rabu, 05 April 2017

Awal Pekan Pasar Baru Bakal Ditempati

KUDUS – Setelah sempat tertunda selama sepekan, ratusan pedagang di Pasar Wergu diharapkan sudah menempati lokasi barunya di Pasar Baru, di Desa Wergu Kulon, Kecamatan Kota, awal pekan depan.
Bangunan pasar lama selanjutnya akan dikembalikan ke PT KAI selaku pemiliknya. Kepala Dinas Perdagangan, Sudiarti didampingi Kabid Pengelolaan Pasar, Andi Imam Santosa, mengemukakan hal tersebut kepada Suara Merdeka, Selasa (4/4).
Lebih lanjut dia menyebut persiapan penggunaan bangunan pasar baru hingga kemarin sudah dilakukan. ”Sabtu (8/4), kami akan mengecek ke lokasi pasar lama,” katanya. Menurutnya, saat itu merupakan batas akhir bagi pedagang untuk berkemas.
Pada hari Sabtu (8/4), juga merupakan batas akhir pedagang menempati tempat tersebut. ”Kalau masih membandel, Minggu (9/4) akan kami segel,” katanya.
Selanjutnya, Minggu (9/4) sore akan dilakukan manakiban, sebagai ungkapan doa agar pedagang mendapatkan keberkahan dan rezeki berdagang di tempat itu. Pengoperasian Pasar Baru sepenuhnya dilakukan pada Senin (10/4) pagi. Ditambahkan Andi,Pasar Baru tidak mangkrak.
Dia menegaskan pedagang butuh waktu untuk persiapan pemindahan barang. Disinggung soal kesiapan lainnya, dia menyebut sudah dilakukan. Termasuk juga, mengenai penyediaan sarana penunjang seperti listrik dan air bersih.
Koordinasi
Terkait keamanan, Andi menyebut akan dikerjasamakan dengan Pemerintahan Desa Loram Wetan, Wergu Wetan dan Wergu Kulon. Paguyuban pasar akan meneken kesepakatan dengan tiga pemerintahan desa.
Seperti diberitakan sebelumnya, Pasar Wergu menelan total anggaran senilai Rp 27,3 miliar, yang terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama senilai Rp 23,7 miliar, yang dananya bersumber dari APBD Kudus dan Bantuan Gubernur.
Dana dari ABPB Kudus senilai Rp 9,5 miliar, serta sisanya Rp14,2 miliar dari Bangub,” terangnya. ”Pembangunan tahap dua menelan anggaran Rp 3,6 miliar, yang berasal dari APBD Kudus,” ungkapnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/awal-pekan-pasar-baru-bakal-ditempati/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar