Rabu, 05 April 2017

Balok Ukiran Telah Dipasang

JEPARA KOTA – Pemasangan ukiran khas Kota Ukir telah dipasang di sisi selatan pagar Jembatan Kali Kanal, Kelurahan Saripan,Kota, kemarin. Total ada sebelas balok ukiran. Balok ukiran ini diletakkan di setiap pilar.
Warna ukiran kuning keemasan. Pilar pagar dicat warna hijau. Sementara hiasan bawah semacam garis list diwarna hijau dan ungu. Tak hanya pagar yang direnovasi, trotoar jembatan juga diperbaiki. Desainnya lebih modern. Ada lengkungan. Tapi tiang lampu lama dibiarkan masih berdiri.   
Sekitar 80 persen renovasi pagar jembatan bagian selatan dikerjakan. Tinggal pemasangan ubin dan pengecatan di beberapa sisi. Sementara pagar di bagian utara sekitar 70-an persen. Karena pemasangan balok ukiran baru dilakukan kemarin. Itupun belum semua selesai.
Pagar seng untuk pembatas jalan dan pekerjaan proyek kemarin juga masih terpasang. Demikian, trotoar bagian selatan jembatan itu sudah dilalui beberapa pejalan kaki. Karena penutup seng bagian barat dan timur sudah dicopot.
”Saya tak tahu selesainya kapan. Tapi ini sebagian sudah hampir selesai renovasi,” jelas salah satu pekerja proyek.
Kabid Bina Marga pada Dinas Pengerjaan Umu (PU) dan Tata Ruang Jepara Hartaya mengatakan, perbaikan pagar Jembatan untuk mendukung Adipura 2017. Agar tidak terkesan biasa-biasa saja, kemudian dipilihlah bentuk ukiran sebagai karakter dari Kota Jepara.
”Konsep pagarnya nanti biasa. Hanya di bagian beton untuk penyangga pagar akan dipenuhi ukiran. Tinggi pagar sekitar satu meter. Desainnya sudah ada,” ujar Hartaya.
Hartaya menjelaskan, pengerjaan proyek diperkirakan membutuhkan waktu empat bulan. Dimulai awal Februari hingga akhir Mei 2017. Proyek dikerjakan menggunakan anggaran pemeliharaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jepara 2017. Masing-masing jembatan dianggarkan Rp 180 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar