Rabu, 05 April 2017

Pati Masuk Tiga Besar Lomba Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jateng

PATI-Kabupaten Pati tahun ini berhasil masuk tiga besar lomba Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Iya, ada tiga kabupaten yang masuk nominasi. Dan Pati jadi Kabupaten pertama yang kami nilai di tahap tiga besar ini”, terang Agus Suranta, Senin (3/4), saat memimpin kunjungan tim penilai di Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso.
Penilaian lapangan ini, imbuh Agus, merupakan proses akhir dari beberapa tahapan penilaian. “Sebelumnya masing-masing Kabupaten telah mengirimkan Desa yang masuk kriteria lomba. Tahap selanjutnya adalah penilaian administratif. Jika memenuhi syarat, kami undang untuk melakukan paparan. Nah kunjungan ke sini ini untuk mencocokkan apakah yang kemarin dipaparkan memang sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan atau tidak”, terang pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil  Provinsi Jateng ini.
Untuk tim penilaiannya, lanjut Agus, berasal dari lintas sektoral, mulai dari unsur perangkat daerah, perguruan tinggi , hingga masyarakat yang dalam hal ini diwakili dari Tim Penggerak PKK. “Kalau materi penilaiannya terdiri atas gotong royong dalam bidang Sosial Budaya Agama, Kegotongroyongan dalam bidang ekonomi, lingkungan, serta gotong-royong dalam mewujudkan ketentraman”, ungkap pria bertubuh kurus ini. 
Bupati Pati melalui Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Sudiyono, dalam sambutannya berharap Pati dapat menjadi yang terbaik. “Mudah-mudahan kita bisa meraih peringkat pertama agar bisa maju ke tingkat nasional”,harapnya.
Menurut Agus, untuk bisa menjadi juara pertama, Pati harus bisa mengalahkan dua kabupaten lain yaitu Kabupaten Pekalongan dan Kebumen. “Tapi hingga saat ini kami belum bisa menyampaikan posisi skor sementara dari ketiga nominator. Soalnya kan baru Pati yang kami kunjungi, jadi belum ada yang bisa disbanding-bandingkan”, tuturnya.
Namun demikian pihaknya berjanji untuk mengumumkan hasilnya di puncak perayaan Bulan Bhakti Gotong  Royong Tingkat Provinsi, yang rencananya akan dilanksanakan di Kabupaten Boyolali. “Tanggal pastinya menyusul. Yang jelas puncak perayaannya akan jatuh di Bulan April ini”, lanjutnya. Siapa pun pemenangnya, imbuhnya, akan mewakili Jawa Tengah pada event serupa di tingkat nasional pada tahun 2018 mendatang.

Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/04/03/pati-masuk-tiga-besar-lomba-gotong-royong-masyarak/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar