Senin, 08 Mei 2017

Pembentukan Pansus DBH Migas Belum Jelas

BLORA – Keseriusan DPRD memperjuangkan Kabupaten Blora untuk mendapatkan dana bagi hasil (DBH) minyak dan gas Blok Cepu patut dipertanyakan.
Hingga saat ini belum ada tanda-tanda lembaga wakil rakyat tersebut membentuk panitia khusus (pansus). Padahal rencana pembentukan pansus itu sudah disepakati sejak 13 Maret 2017.
Bahkan nama anggota dewan dari masing-masing fraksi yang seharusnya sudah disetorkan untuk menjadi anggota pansus belum juga diajukan oleh fraksi.
Sehingga pembentukan pansus yang disepakati akan diketuai oleh Wakil Ketua DPRD, Abdullah Aminudin, itupun belum mendapatkan surat keputusan (SK).
Wakil Ketua DPRD Abdullah Aminudin tak banyak memberikan komentar terkait masalah tersebut. Namun, dia menyatakan jika nanti ada perkembangan akan memberikan kabar lebih lanjut.
’’Kalau ada perkembangan, akan kami kabari,’’ kata Abdullah, kemarin. Wacana pembentukan pansus DBH migas Blok Cepu di DPRD sebenarnya sudah mengemuka sejak tahun lalu.
Namun hingga kini wacana itu tak kunjung terealisasi. Padahal pansus tersebut akan bertugas menyikapi permasalahan ketidakadilan pembagian DBH migas Blok Cepu yang diterapkan pemerintah pusat.
Meski sebagian wilayah Blora masuk kawasan Blok Cepu namun hingga kini Blora tidak mendapatkan DBH migas Blok Cepu.
Mulut Sumur Hal itu disebabkan oleh pembagian DBH didasarkan pada keberadaan mulut sumur dalam satu wilayah provinsi. Cara pembagian ini diatur dalam UU No 33/2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah yang di dalamnya mengatur DBH Migas.
Mengacu pada UU tersebut, daerah yang mendapatkan DBH migas Blok Cepu miliaran rupiah setiap tahun adalah Kabupaten Bojonegoro (daerah penghasil migas Blok Cepu) serta kabupaten dan kota lainnya di Jatim.
Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD, Radjiman Santarko mengatakan, dari kesepakatan dibentuknya kembali pansus DBH Migas Blok Cepu pada Maret lalu hingga saat ini belum ada satupun nama anggota dewan yang disodorkan kepada Banleg.
Sehingga, pihaknya belum bisa membahas lebih lanjut karena pansus DBH migas masih belum di-SK-kan. ’’Tapi kelak tetap akan kami bahas,’’ tandasnya

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pembentukan-pansus-dbh-migas-belum-jelas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar