Kamis, 04 Mei 2017

Perahu Nelayan Ditabrak Kapal Seorang Tewas


JEPARA- Perairan di wilayah Jepara sudah banyak menelan korban nelayannya sendiri. Berselang sehari setelah jasad, Sari Uzaki, nelayan Kedung Malang Kecamatan Kedung ditemukan setelah hilang dua hari di laut, pada Rabu (3/5) terjadi kecelakaan laut yang menyebabkan Karsani (55), warga Karanggondang Kecamatan Mlonggo meninggal dunia.
Dari data yang dihimpun di lapangan, kejadian nahas yang terjadi sekitar pukul 01.00 itu bermula saat kapal Sri Wijaya yang digunakan Priyadi (50), Darni (77) dan Karsani (55) melaut di sekitar perairan Pantai Empurancak Kecamatan Mlonggo. Saat menebar jaring, tiba-tiba perahu ditabrak oleh kapal pinisi.
Priyadi dan Darni berhasil diselamatkan oleh nelayan lain yang tengah melintas. Namun nahas, Karsani tidak diketahui keberadaannya setelah kejadian. Kordinator Basarnas Pos SAR Jepara Wisnu Yugo mengatakan, setelah melakukan pencarian oleh nelayan dan tim SAR Gabungan, Karsani ditemukan tapi sudah dalam keadaan meninggal dunia. Korban ditemukan sekitar pukul 07.30 di sekitaran titik kecelakaan laut.
Kerusakan Parah
”Korban diduga terjepit di kapal dan terlepas 50 meter saat kapal di dalam perahu tersebut hendak ditarik ke tepi pantai setelah sebelumnya melakukan pencarian di sekitar lokasi,” terang Wisnu. Ketiga nelayan itu sendiri diketahui berlayar untuk mencari ikan pada (2/5) pukul 17.00.
Lokasi kejadian berjarak 30 menit dari tepi Pantai Pailus yang bersebelahan dengan Pantai Empurancak Desa Karanggondang. Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jepara melansir data jika perahu nelayan yang tertabrak tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Badan kapal retak di beberapa bagian.
Termasuk bagian kemudi. Sementara dari hasil visum yang dilakukan terhadap korban meninggal di rumahnya sendiri, tak didapati luka serius.
Korban meninggal diperkirakan karena kehabisan napas. Dari sumber yang sama, kapal pinisi yang menabrak perahu nelayan tersebut langsung melarikan diri, sehingga tidak diketahui pasti penyebab kapal menabrak. Didapati informasi jika kapal pinisi tersebut berlayar dari pelabuhan Semarang.


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/perahu-nelayan-ditabrak-kapal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar