Senin, 29 Mei 2017

Perbaikan Jalur Altenatif Segera Dimulai

KUDUS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus akan segera menindaklanjuti rekomendasi hasil pantauan tim gabungan survei jalan alternatif Kudus-Pati (Suara Merdeka, 27/5).
Salah satu hal yang berkaitan dengan institusi tersebut yakni dengan segera menutup sejumlah lubang di jalur tersebut. Kadinas PUPR, Sam’ani Intakoris menyatakan, perbaikan akan dilakukan dengan menggunakan mekanisme perbaikan rutin.
Sekarang, pihaknya mempunyai 200 drum aspal yang digunakan untuk perbaikan jalan secara keseluruhan. ”Sebagian akan digunakan untuk menutup lubang jalan tersebut,” katanya.
Hal itu dilakukan lantaran kerusakan jalan yang tidak terlalu berat. Untuk itu, pekerjaan itu akan dapat diselesaikan dalam waktu singkat.
Tujuan perbaikan tidak semata- mata untuk memperlancar akses mudik dan balik saja. ”Yang lebih penting yakni untuk mobilitas warga lokal,” imbuhnya. Ditambahkannya, sejak jalan Kudus-Pati diperlebar dan dibeton pada 2010, akses utama Semarang-Surabaya relatif lancar.
Kondisi tersebut tidak hanya saat kondisi normal tetapi juga ketika digelar angkutan mudik dan balik. Meskipun begitu, kata dia, jalur alternatif di luar akses utama Pantura Timur tersebut tetap disiapkan.
”Bila ada kerusakan, tetap akan segera diperbaiki,” ungkapnya. Secara umum, dia menilai kondisi jalan penghubung sudah baik. Hanya saja, dia mengakui ada beberapa lubang jalan yang perlu segera diperbaiki.
”Kami akan segera melakukan penanganan segera,” ujarnya. Sebelumnya, jalur alternatif Kudus-Pati yang selalu disiapkan menjelang dimulainya arus mudik dan balik, tahun ini diprediksi tidak akan digunakan lagi.
Jalur tersebut awalnya disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya ketersendatan arus lalu lintas di Pantura Timur di wilayah Kecamatan Jekulo. Hanya saja, terkait perbaikan jalan yang dilakukan pada 2009-2010, jalur alternatif tidak lagi dimanfaatkan pemudik.
Kecuali terjadi hal-hal yang sifatnya sangat luar biasa, jalur alternatif diperlukan. Persoalannya, jalur Kudus-Pati saat ini sudah selebar 11 meter dan dibeton. ”Jadi, tidak perlu lagi menggunakan jalur alternatif kecuali kondisi darurat,” paparnya. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/perbaikan-jalur-altenatif-segera-dimulai/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar