Sabtu, 06 Mei 2017

Rp 4 Miliar untuk Jalan Tenggeles

KUDUS – Kerusakan jalan penghubung di Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo dengan Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, akan diperbaiki tahun ini. Upaya tersebut diharapkan dapat memperlancar mobilitas warga di kawasan tersebut.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus, Sam’ani Intakoris, mengatakan, jalan penghubung milik kabupaten itu akan diperbaiki pada tahun ini.
Pihaknya sudah menganggarkan Rp 4 miliar untuk perbaikan dan peningkatan kapasitas jalan Tenggeles-Dau, sepanjang kurang lebih dua kilometer. ”Sumber dana berasal dari bantuan gubernur (ban-gub) serta APBD kabupaten Kudus,” katanya.
Mengenai rinciannya, dia menyebut Rp 3 miliar dana ban-gub dan Rp 1 miliar sisanya berasal dari APBD 2017. Sesuai rencana awal, jalan yang akan diperbaiki menggunakan ban-gub sepanjang 1.750 meter.
Sementara, anggaran dari APBD Kudus digunakan untuk peningkatan kapasitas jalan sepanjang 310 meter. ”Lebar akses penghubung selanjutnya akan mencapai lima meter,” paparnya.
Dia menambahkan, sebagian titik akan dibeton dengan pertimbangan kondisi tanah. Namun, ada pula yang tetap diaspal. ”Kita sesuaikan dengan kondisi lapangan,” jelasnya.
Pendanaan Terbatas
Diakuinya, kerusakan jalan memang tidak dapat dihindarkan. Selain kondisi lalu lintas harian dan faktor cuaca, sebagian besar jalan penghubung tidak dilengkapi saluran air.
”Kemampuan pendanaan kita juga terbatas,” imbuhnya. Salah seorang pengguna jalan yang ditemui, Roziki, menyatakan kerusakan jalan di kawasan tersebut dijumpai pada beberapa titik.
Sepanjang jalan penghubung milik kabupaten sejauh kurang lebih dua kilometer tersebut, banyak ditemui lubang, dengan ukuran bervariasi. Kondisi jalan penghubung seperti itu sudah terjadi lama. Ia berharap pemerintah segera melakukan perbaikan.
Sebab, akses jalan tersebut cukup vital untuk mobilitas warga sekitar. ”Harus tetap berhati-hati terutama saat malam hari,” tandasnya. Saat musim penghujan, kondisi tersebut juga menimbulkan genangan air.
Akibatnya, mobilitas warga yang melintas kawasan tersebut dipastikan terganggu. Paling tidak, ketidaknyamanan akan dirasakan saat warga melintasinya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/rp-4-miliar-untuk-jalan-tenggeles/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar