Rabu, 24 Mei 2017

Seluruh Petani Wajib Gabung Kelompok

SEMARANG- Sejumlah rekomendasi terkait penggunaan kartu tani dikeluarkan Komisi B DPRD Jateng untuk mengantisipasi penyimpangan alokasi pupuk bersubsidi. Sekretaris Komisi B Messy Widiastuti menjelaskan, salah satu rekomendasinya, petani wajib bergabung ke kelompok tani.
Hal itu untuk memudahkan pendistribusian pupuk. Setiap penyelewengan terkait distribusi pupuk, baik oleh distributor, pengecer, maupun petani juga harus dijatuhi sanksi. ‘’Sanksi ini supaya seluruh pihak tertib dan tidak menyalahgunakan alokasi pupuk,’’ tandas Messy, kemarin.
Sebelumnya, dalam kunjungan ke Desa Wonoyoso, Pringapus, Kabupaten Semarang, Komisi B juga telah menyampaikan hal tersebut. Komisi B juga mengundang delapan kelompok tani, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) serta Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setdaprov Jateng, BRI, dan distributor pupuk. Rekomendasi lain yang disampaikan, seperti pembayaran pupuk bisa dilakukan setelah masa panen dan pembelian pupuk harus berdasar takaran. Para pengecer juga harus melayani pembelian sesuai takaran dan melihat kembali rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang telah disusun setiap kelompok tani.
Pupuk Organik
Penggunaan pupuk juga harus tepat waktu, tepat jumlah, dan macamnya, termasuk pengembangan pupuk organik. Ketua Komisi B DPRD Jateng Chamim Irfani mengimbau, para petani untuk membuat pupuk organik sehingga tidak bergantung pada pupuk kimia.
Petani pun juga diimbau memahami fungsi dan manfaat kartu tani yang sejak awal diharapkan bisa meningkatkan kesehjateraan para petani.
Diperlukan sosialisasi yang intensif terkait cara pemakaian kartu tani secara efektif. Sebab dalam beberapa kali kunjungan kerja dan reses, anggota DPRD mendapati penggunaan kartu tani banyak dikeluhkan. Para petani kurang memahami mekanisme penggunaan kartu tersebut. ‘’Jangan sampai kartu tani ini menjadi sekadar simbol karena anggaran untuk mendanainya juga tidak sedikit,’’ ujarnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/seluruh-petani-wajib-gabung-kelompok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar