Rabu, 10 Mei 2017

Tim SAR Berlatih Tangani Bencana

REMBANG – Belasan tim SAR berbagai instansi di Kabupaten Rembang, Selasa (9/5) mengikuti bimbingan teknis (bintek) dan pelatihan gabungan (latgab) penyelamatan dan evakuasi korban bencana.
Kegiatan itu digelar di Balai Desa Krikilan, Kecamatan Sumber.
Tim SAR yang turut ambil bagian dalam kegiatan itu di antaranya dari Kodim 0720 Rembang, Polres, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, Tagana, Banser, RAPI, Orari, dan Sarlat Perkasa.
Darurat Bencana
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Suharso mengatakan, latihan gabungan diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan kapasitas yang komprehensif bagi seluruh sukarelawan.
Ke depan, sukarelawan yang saat ini jumlahnya cukup banyak di Rembang lebih profesional dan bertanggung jawab. Terlebih peserta kegiatan itu adalah perwakilan berbagai instansi yang biasanya mengirimkan sukarelawan untuk menangani bencana.
‘’Latihan gabungan dan bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sukarelawan.’’ Danramil 04 Sumber, Kapten Inf Abdurohman pada kesempatan itu memaparkan Kabupaten Rembang tergolong daerah darurat bencana.
Tolok ukurnya adalah keberadaan Laut Jawa yang membentang sepanjang sekitar 65 kilometer di Kabupaten Rembang. Selain itu, beberapa wilayah di selatan Rembang berupa pegunungan dan perbukitan yang berisiko longsor dan banjir.
Pihaknya menyatakan kesiapannya membantu pemerintah daerah dalam penanganan bencana. ‘’Pelatihan ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang tak terduga di wilayah Rembang sehingga saat bertugas bisa satu komando.’’ 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/tim-sar-berlatih-tangani-bencana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar