Kamis, 08 Juni 2017

50 Lampu Baru Terangi Blora-Cepu Jalan Nasional Sepanjang 35 Km

BLORA – Jalan nasional Blora-Cepu siap menyambut kedatangan pemudik. Selain perbaikan ruas jalan sepanjang 35 kilometer itu sudah dilakukan, jalur yang statusnya berubah dari jalan Provinsi Jateng menjadi jalan nasional sejak 2016 tersebut bakal lebih terang benderang saat malam hari.
Hal itu karena jumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU) di jalan Blora-Cepu ditambah.
ëíSebanyak 50 LPJU baru sudah mulai dipasang di bulan Ramadan ini,íí ujar Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, Samsul Arief, kemarin. Pemasangan 50 tiang LPJU baru itu bukan oleh Pemkab Blora melainkan proyek Satker Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.
ëíNamun tentu koordinasi dengan kami yang ada di daerah,íí ujar Samsul yang juga mantan sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Blora. Diserahkan ke Pemkab Dia menyebutkan, 50 LPJU baru itu bukan menggantikan LPJU lama.
Menurutnya, setelah proyek itu nantinya rampung, LPJU tersebut akan diserahkan ke daerah termasuk tagihan pembayaran penggunaan listrik setiap bulan. ëíUntuk saat ini 50 LPJU yang baru dipasang itu masih belum menyala.
Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah menyala sehingga jalur Blora-Cepu lebih terang.” Berbeda dari LPJU yang berada di tengah hutan di jalur Blora-Cepu yang menggunakan tenaga surya, LPJU baru ini sepenuhnya menggunakan aliran listrik kabel PLN.
Sehingga tidak terpengaruh dengan minimnya sinar matahari saat musim hujan yang menyebabkan LPJU solar cell banyak yang tidak menyala. LPJU solar cell itu sudah ada sejak 2014. ”LPJU solar cell yang milik Pemprov Jateng yang ada di kawasan hutan Blora-Cepu banyak yang mati.
Dari 40 LPJU, yang menyala tidak sampai 10 buah,” tandas Jatmiko, salah seorang pengguna jalan yang kerap melintasi jalur Blora-Cepu saat malam hari.
Dia mengharapkan LPJU solar cell di kawasan hutan itu segera diperbaiki sehingga jalur di tengah hutan jati yang dikelola Perhutani tidak gelap gulita. ëíMenjelang Lebaran arus lalu lintas semakin padat. Keberadaan LPJU di sepanjang jalan akan berguna bagi keselamatan pengguna jalan.” 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/50-lampu-baru-terangi-blora-cepu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar