Kamis, 08 Juni 2017

JLS Pati Masih Gelap Boks KW Meter Sudah Terpasang

PATI – Jalan Lingkar Selatan (JLS) Pati, dari perempatan Tanjang hingga perempatan Ngantru, hingga saat ini masih gelap gulita pada malam hari.
Padahal arus lalu lintas di ruas jalan sepanjang 1,5 km itu cukup padat, apalagi menjelang arus balik mendatang.
Soal belum menyalanya lampu di ruas jalan itu, sebelumnya juga terjadi saling lempar tanggung jawab dari para pihak yang terkait. (SM, 27/5/17). Sebenarnya PLN Rayon Pati sudah memenuhi janji memasang boks KW meter lampu penerangan jalan umum (LPJU) di JLS itu.
Tapi satu dari tiga boks meter, yang pintunya Rabu kemarin terbuka, belum terlihat materialnya. Demikian pula jaringan daya masuk ke KW meter yang seharusnya terpasang di bagian tengah tiang LPJU, belum terpasang.
Hal itu berbeda dari dua boks lainnya yang terpasang di sisi timur dan barat. Kabel jaringan daya masuk sudah terpasang, bahkan boks itu sudah dipasangi gembok pengaman.
Lebih Hati-hati
Terkait masih gelapnya ruas jalan itu, banyak pihak mengingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati bila lewat jalan itu pada malam hari. Selain itu, mewaspadai kemungkinan terjadinya tindak krminal.
M Hadi (44), warga Margorejo, Pati menuturkan, di perempatan Tanjang sampai lebih dari pukul 21.00, masih ada pengamen. Mereka kadang memaksa untuk menumpang kendaraan pengangkut barang yang lewat. ”Pengemudi pikap atau truk sebaiknya jangan mau memberi tumpangan kepada mereka.
Soalnya selepas perempatan ke timur kondisi JLS gelap gulita sehingga rawan terjadi tindak kriminal.” Sehubungan dengan masih gelapnya jalan itu, ia berharap polisi lebih aktif berpatroli. Terlebih bila sudah banyak pemudik melewati jalan itu dan LPJU tetap belum menyala.
”Pengamanan dari ujung timur JLS, di Desa Widorokandang, Kecamatan Pati Kota, menjadi tugas personel Polsek Pati Kota.”Edi, warga lain menambahkan, pengamanan harus dilakukan hingga perempatan Tanjang, dan dari perempatan tersebut ke barat hingga ujung barat JLS di Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo.
Dikatakan, pada malam hari, pengendara hanya bisa memanfaatkan sinar lampu yang terpasang di tiang kecil tepi jalan.
”Kami berharap LPJU yang terpasang di median Jalan Lingkar Selatan Pati bisa segera menyala.” Diminta tanggapannya berkait lampu PJU yang juga belum menyala meskipun boks KW meter sudah terpasang, Kepala PLN Rayon Pati, Rifan Efendi tidak mengelak.
Dikatakan, hal itu karena rekanan belum mengirim material KW meter itu ke pihaknya. Untuk itu ia berencana mengambil sendiri material boks KW meter ke bengkel rekanan tersebut di Jepara.
Secara terpisah, Koordinator Lapangan Ruas Jalan Nasional Kudus-Pati hingga Batas Rembang, Edi Nurkayat menyerahkan masalah penyalaan lampu itu kepada PLN. ”Yang penting kami sudah memenuhi kewajiban terkait penyalaan 55 titik lampu dengan tiga boks KW meter yang masing-masing berdaya listrik 11.000 watt.” 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/jls-pati-masih-gelap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar