Cari Blog Ini

Jumat, 15 Desember 2017

Keberadaan Bangku Ayunan di Taman Kali Kanal Bikin Betah Pengunjung

JEPARA– Keberadaan taman yang terletak di sepanjang Kali Kanal Jepara kini mulai dipercantik. Renovasi dan penataan taman sudah berlangsung sejak akhir September lalu. Rencana selesai akhir tahun ini. Berbagai fasilitas tambahan mulai dibangun. Mulai dari patung udang, ayunan, dan wahana bermain anak-anak.
Sebelumnya taman di sepanjang Kali Kanal itu ditata sederhana dengan bangku-bangku permanen. Berbagai jenis bunga juga tampak menghiasi taman. Terdapat Kursi duduk dengan atap berbentuk daun. Ini adalah salah satu fasilitas taman sebelum renovasi. Lampu penerangan juga telah terpasang. Namun saat ini, taman tersebut ditata kembali untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Fatkhurrahman melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan Isnan Haryoko menyampaikan untuk merenovasi penataan taman kanal ini, pihaknya menganggarkan Rp 360 juta. “Dari anggaran itu, penataan akan difokuskan pada tiga fasilitas tambahan. Penataan fasilitas taman tersebut meliputi penambahan dua pot bunga dari beton sepanjang 10 meter, dua tempat bermain, dan patung udang,” paparnya.
Isnan melanjutkan, bentuk dari pot taman merupakan gabungan dari persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Di dalamnya akan ditanami beberapa jenis tanaman. Mulai dari pucuk merah, soka kecil, soka besar, bakung, tanaman taiwan, erpah, dan sabrina. “Satu pot sudah selesai dibangun. Tanaman juga mulai ditanam. Satu pot lagi masih dalam proses,” imbuhnya.
Selain pot besar, pihaknya juga melengkapai taman dengan dua tempat bermain anak. Tempat bermain tersebut dilengkapai dengan ayunan berwarna orange. Lebarnya sekitar tiga meter. Sedangkan tingginya empat meter. Juga terdapat tiga bangku dari beton. “Supaya anak-anak betah bersantai di taman kami lengkapi dengan jungkat-jungkit,” katanya Isnan.
Sedangkan patung udang yang akan dibangun bertempat di tengah-tengah taman. Patung udang tersebut dilengkapi tulisan ‘Taman Kanal’. Bentuk patung tersebut nantinya terdapat dua udang yang saling berhadapan. Untuk mempercantik suasana taman di malam hari, patung disorot menggunakan lampu warna. Lampu dipasang dari tiga sudut pandang. Yakni lampu bawah di sebelah kanan dan kiri. Satu lagi dari atas.


Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/12/15/33767/keberadaan-bangku-ayunan-di-taman-kali-kanal-bikin-betah-pengunjung