Cari Blog Ini

Jumat, 15 Desember 2017

Semua Pihak Ingin Kudus Aman

KUDUS- Kepolisian Resor (Polres) Kudus mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan terkait pengamanan Natal d a n Tahun Baru. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan reaksi keras dari sejumlah kalangan sebagai imbas pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Pernyataan itu dimungkinkan akan memicu reaksi keras dari kelompok radikal. Untuk itu, aparat tidak mau kecolongan terhadap peristiwa negatif yang tak terduga sebelumnya. Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengemukakan hal itu kepada Suara Merdeka, Kamis (14/12). Pihaknya memastikan semua dinamika perlu disikapi dengan cermat. ”Kita semua harus melakukan antisipasi agar Kudus tetap kondusif,” ujarnya.
Untuk menjaga Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, pihaknya telah menyiapkan sekitar 500 personel. Jumlah tersebut dimungkinkan bertambah dengan mempertimbangkan kebutuhan di lapangan. Pengamanan juga ditambah personel Kodim dan Ansor Banser. ”Kami siap mengamankan Kudus,” jelasnya.
Sebelumnya, aparat telah telah mengumpulkan sejumlah tokoh lintas agama sebelumnya, terkait penyatuan sikap mengenai penghargaan terhadap kebinekaan masyarakat Kudus. Hasilnya, tidak hanya saling menghormati, masing-masing juga akan memberikan kontribusi terkait pengamanannya. Intinya, semua pihak berkomitmen tetap menjadikan Kota Keretek tetap aman dan kondusif selama dan usai perayaan berlangsung.
Diamankan
Teknis pengamanan terhadap 36 gereja yang melakukan ibadah dilakukan bekerja sama dengan pengelolanya. Koordinasi menyangkut kapan dan berapa jumlah warga yang terlibat dalam proses peribadatan. Sebelum kegiatan berlangsung, petugas Polres Kudus juga akan mensterilkan lokasi menggunakan alat metal detektor. ”Pengamanan akan dilakukan sebaik dan semaksimal mungkin,” ungkapnya.
Kapolres memastikan semua tempat yang menyelenggarakan ibadah Natal akan diamankan petugas. Mengenai jumlahnya, disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. ”Kita semua berharap Kudus tetap aman dan kondusif. Semua pihak harus berkontribusi untuk mewujudkannya,” ujarnya.


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/21660/Semua-Pihak-Ingin-Kudus-Aman