Cari Blog Ini

Jumat, 20 April 2018

DPT Pilgub Ditetapkan, Ribuan Nama Pemilih Dicoret

REMBANG- – KPU Kabupaten Rembang akhirnya menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilgub Jawa Tengah (Jateng). Ada 475.730 daftar pemilih yang ditetapkan. Sedangkan DPS sebelumnya berjumlah 482.708.
Rapat pleno penetapan DPT oleh KPU Kabupaten Rembang sempat diundur dari jadwal semula. Awalnya rapat pleno tersebut dijadwalkan kemarin pukul 09.00. Karena data yang belum siap, rapat baru dimulai pada pukul 13.00.
Rapat yang digelar di aula KPU Kabupaten Rembang itu dihadiri oleh beberapa instansi terkait. Diantaranya dari tim pasangan cagub-cawagub, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rembang, Panwaslu Kabupaten Rembang dan PPK dari 14 Kecamatan.
Komisioner KPU Kabupaten Rembang Nurul Muasiroh menjelaskan, semula daftar pemilih sementara berjumlah 482.708. Kemudian pada rekapitulasi di tingkat PPK, jumlah tersebut berkurang 2.167. Sehingga hasil rekap di tingkat PPK menjadi 480.541.
”Penyebab penyusutan itu bermacam-macam. Ada yang orangnya sudah meninggal dunia, masih berstatus sebagai anggota aktif TNI atau Polri dan pindah alamat,” jelasnya kemarin.
Dari hasil rekap tersebut, ditemukan 710 pemegang hak pilih ganda. Itu diketahui setelah data hasil rekap PPK dimasukkan ke dalam aplikasi. KPU kemudian menelusuri nama-nama yang ganda. Sehingga jumlah DPS berkurang lagi menjadi 479 831.
Nurul menambahkan, daftar pemilih potensial yang dulu berjumlah 12.376 juga mengalami penyusutan. Ada 4.101 nama yang dicoret oleh KPU. Karena belum melakukan perekaman KTP-el dan tidak ada dalam database kependudukan.
Menyikapi pencoretan 4.101 nama itu, KPU Kabupaten Rembang akan menyerahkan datanya ke KPU pusat. Sambil menunggu keputusan dari KPU pusat, pihaknya mendorong nama-nama yang tercantum dalam jumlah tersebut segera melakukan perekaman KTP-el.
Jadi mereka bisa mengantongi KTP elektronik atau surat keterangan pengganti KTP elektronik. Sehingga, meskipun tidak tercantum dalam DPT mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Jateng.
”Sehingga jumlah terakhir di DPT yang kita tetapkan untuk pilgub Jawa Tengah 475.730,” pungkasnya.


Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2018/04/20/66466/dpt-pilgub-ditetapkan-ribuan-nama-pemilih-dicoret