Hari Sumpah Pemuda 2018 hari santri nasional 2018

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Mei 2018

Musim Kemarau, Petani Nekat Tanam Padi

REMBANG - Para petani di wilayah Pamotan, Kabupaten Rembang, nekat menanam padi meski saat ini memasuki musim kemarau. Padahal, petani di kecamatan lain sudah beralih ke tanaman palawija, bahkan sebagian membiarkan lahan bero (tidak ditanami).
''Biasanya, habis panen ya tanam lagi, mumpung masih ada air. Soal berhasil atau gagal panen, itu bukan urusan manusia,'' kata Supardi, petani asal Pamotan.
Saat ditemui Suara Merdeka, Supardi sibuk mengolah lahan untuk persiapan tanam padi ketiga. Untuk tanam pertama dan kedua, hasilnya kurang memuaskan, karena produksinya rata-rata hanya 4-5 ton per hektare.
''Untuk musim tanam pertama dan kedua hasilnya kurang memuaskan, karena banyak hama burung,'' terangnya. Petani lainnya, Warijan mengetahui risiko menanam padi pada saat musim kemarau yang akan kesulitan mendapatkan air.
Kendati demikian, para petani mendapatkan air dari sungai atau sumber air lain untuk tanaman padi, dengan cara menyewa mesin penyedot air. "Sebenarnya, aliran air di sungai masih cukup lancar, sehingga kami menyiasati mengambil air untuk tanaman padi dengan menyedot air dari sungai itu," katanya.
Mesin Penyedot Air
Dia mengatakan, menanam padi musim kemarau juga berpengaruh terhadap biaya tanam karena menyewa mesin penyedot air. "Namun, kami tetap menanam padi. Hanya saja, biaya operasional bertambah," katanya.
Kepala Dinas Pertanian Rembang, Suratmin mengatakan, saat ini banyak petani di wilayah Pamotan yang membandel melanggar pola tanam. Hal itu bisa merugikan mereka karena tanaman padi akan puso akibat kekurangan air.
"Setiap musim kemarau masih dijumpai petani yang nekat menanam padi meski risiko gagal panen relatif cukup tinggi," katanya.
Kendati demikian, kata dia, Pemkab akan melakukan pembinaan dan pengawalan petani yang terlanjur menanam padi pada saat musim kemarau agar tidak merugi.
"Adapun, bagi petani yang belum melakukan tanam padi akan kami berikan informasi tentang iklim dan cuaca yang cenderung kering. Hal ini berisiko jika petani tetap nekat menanam padi pada musim kemarau.


Sumber Berita   : https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/83681/musim-kemarau-petani-nekat-tanam-padi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini