Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juni 2018

Lebaran, Pemkab Kudus Siapkan Pangkalan Elpiji Siaga

KUDUS –Pemerintah Kabupaten Kudus menyiapkan 243 pangkalan elpiji tiga kilogram sebagai pangkalan siaga untuk melayani masyarakat selama libur Lebaran 2018. Upaya tersebut untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan masyarakat selama Lebaran.
Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi, dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno, mengungkapkan, pangkalan siaga tersebut nantinya akan diberikan stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.  ”Ini dengan komitmen pangkalan tersebut mengutamakan kebutuhan dari konsumen rumah tangga,” kata Imam, Selasa (12/6.
Dikatakan Imam, pangkalan yang ditunjuk menjadi pangkalan siaga berjumlah ratusan yang tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kudus.  Dengan ditunjuknya mereka sebagai pangkalan siaga, kata dia, maka stoknya diupayakan tetap tersedia hingga ada pasokan lagi dari pihak agen.
Ia mengingatkan pangkalan elpiji tiga kilogram yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga mematuhi kesepakatan, di antaranya mengutamakan konsumen rumah tangga. ”Nantinya, kami akan pantau di lapangan untuk mengecek apakah pangkalan tersebut mematuhi ketentuan yang ada atau tidak,” tandasnya.
Namun sebaliknya, jika pihaknya nanti mendapat bukti adanya pelanggaran dimana pangkalan menjual stok ke pengecer, maka tindakan tegas akan dilakukan.
Selain tersedia pangkalan elpiji siaga, katanya, sejumlah SPBU di Kabupaten Kudus juga melayani penjualan elpiji tiga kilogram selama 24 jam. "Tujuan adanya pangkalan siaga, untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan elpiji bersubsidi selama libur Lebaran," ujarnya.
Apalagi, pangkalan elpiji tiga kilogram yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga juga mendapatkan tambahan alokasi elpiji. Kabupaten Kudus mendapatkan tambahan stok elpiji tiga kilogram sebanyak 5.000 tabung. Tambahan alokasi elpiji secara fakultatif tersebut, untuk antisipasi lonjakan permintaan.
Alokasi sebanyak itu, selanjutnya didistribusikan ke sejumlah pangkalan yang ditunjuk sebagai pangkalan siaga secara bervariasi. "Sepanjang libur Lebaran, diharapkan mereka tetap buka dan melayani masyarakat yang membutuhkan elpiji bersubsidi tersebut," ujarnya.
Penyaluran elpiji tiga kilogram di Kabupaten Kudus melalui sembilan agen dengan jumlah 825 pangkalan. Sebanyak sembilan agen elpiji tersebut, yakni PT Bahtera Agung Sentosa, PT Lentera Cahaya Migas, PT Pelita Harapan, PT Aminah Maju Jaya, PT Bahagia Santosa, PT Dwi Audrine Putri, PT Ngupoyo, PT Lutfi Andalusia, dan PT Explorindo Solusi Gasindo.



Sumber Berita :  http://www.wawasan.co/home/detail/4619/Lebaran-Pemkab-Kudus-Siapkan-Pangkalan-Elpiji-Siaga