HARI MARITIM NASIONAL INDONESIA 2018
ASIANPARAGAMES2018 asianparagames2018 ASIANPARAGAMES2018 ASIANPARAGAMES2018

Cari Blog Ini

Kamis, 05 Juli 2018

Akhir-akhir Ini PMI Pati Hampir Tidak Memiliki Sisa Kantung Darah

Pati – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Pati hampir setiap harinya tidak memiliki persediaan sisa stok darah. Hal ini dipengaruhi berkurangnya pendonor dibanding hari-hari biasa pasca lebaran dan pilkada.
Pendapatan stok darah dari pendonor hampir setiap hari habis terpakai pada hari itu juga. Sehingga dikatakan belum bisa menyisihkan pendapatan stok darah untuk hari berikutnya.
Humas PMI Pati, Syafaati, menjelaskan akhir-akhir ini persediaan darah cenderung tidak imbang dari sisi jenis golongan darah.
“Ketimpangan ya, A ada 24 kantung, B ada 17  kantung, O ada 48 kantung dan AB ada 7 kantung. Itu bisa melayani hari ini sepanjang kebutuhan bisa terpenuhi, ya bisa dikatakan aman. Kalau memang dari unsur golongan darah, ternyata permintaan yang didominasi B ya kita menyampaikan kekurangan,” katanya, Rabu (4/7/2018).
Syafaati menjelaskan permintaan darah rata-rata 40-50 kantung perhari,  persediaan tersebut sering langsung habis pasalnya pendapatan darah dari pendonor sekitar 50-an kantung darah setiap hari.
Menurunnya pendonor dipengaruhi momen pasca lebaran dimana sekolah masih meliburkan siswa-siswi yang menjadi pendonor darah rutin tiga bulan sekali.

“Instansi mulai aktif kembali, sebenarnya kita biasa menjadwalkan rutin setiap tiga bulan sekali. tapi karena masih suasana Bulan Syawal yang mungkin hari ini baru aktif di tempat kerjanya, dan pesta demokrasi baru saja berlangsung sehingga masyarakat memiliki kesibukan-kesibukan yang berkaitan dengan pilkada,” imbuhnya.
Kendati demikian pihaknya mengharap kepada warga yang mampu untuk mendonorkan darahnya bisa mendatangi PMI Cabang Kabupaten Pati yang terletak di depan RSU Daerah Kabupaten Pati.


Sumber Berita :  http://wartapati.com/akhir-akhir-ini-pmi-pati-hampir-tidak-memiliki-sisa-kantung-darah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini