Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2018

Banyak Pendaftar Belum Pahami Sistem PPDB Online

PATI - Sistem pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online rupanya belum dipahami semua orang tua siswa. Sebab, tidak sedikit di antara mereka yang mengalami kebingungan.

Hal itu terlihat dari banyaknya siswa yang berjubel memadati sekolah tertentu yang menjadi jujukannya. Bahkan, para siswa bersama orang tua yang mendampinginya pun harus rela menunggu lama. Pemandangan itu seperti terlihat di SMA 1 Pati.

Kepala SMA 1 Pati Budi Santosa mengatakan, hal itu terjadi disinyalir sistem zonasi belum dipahami. Termasuk, dalam mekanisme pendaftaran PPDB online. ”Banyak masyarakat yang beranggapan ketika hendak mendaftar ke SMA 1 maka proses pendaftaran juga harus dilakukan di sekolah itu.

Padahal, untuk mendaftar secara online tidak harus di sekolah tujuan. Siswa bisa mendaftarkan di SMA manapun yang ada di Pati,” terangnya. Akibatnya, kata dia, terjadi antrean panjang di beberapa sekolah. Adapun di sekolah lain masih lengang dan bisa melayani.

Telah Disosialisasikan

Hal itupun telah disosialisasikan ke masingmasing sekolah. ”Jadi, siswa bisa mengambil empat jurusan di empat sekolahan berbeda. Misalnya, tujuan pertama jurusan IPA di SMA I Pati. Tujuan kedua di sekolah lain dan tujuan ketiga dan keempat di sekolah lainnya lagi. Nah, yang nantinya menentukan langsung dari server Jawa Tengah.

Jadi, sekalipun mendaftar di manapun tetap terlayani dengan baik,” terang pria yang juga menjabat ketua MKKS SMA itu, kemarin. Sementara itu, Kepala SMK 3 Pati Sunoto mengatakan, untuk mengatasi persoalan kesulitan siswa untuk pendaftaran PPDB, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana pendaftaran lengkap dengan operator atau pembimbing siswa.

” Jika ada kendala, bisa langsung dibantu oleh tim kami. Personel ahli IT pun telah disiapkan, sehingga memudahkan pendaftar. Peserta hanya tinggal membawa dokumen yang dibutuhkan,” terangnya.



Sumber Berita :   https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/99934/banyak-pendaftar-belum-pahami-sistem