Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Juli 2018

Penumpang ke Karimunjawa Membeludak

JEPARA,   - Penumpang yang akan menyeberang ke Kepulauan/Karimunjawa pada Jumat (6/7) membeludak. Tiga kapal penyeberangan yang disediakan tak juga cukup mengangkut penumpang yang ramai saat menjelang akhir liburan.
Berdasarkan catatan Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara 20 penumpang tidak kebagian tiket untuk menyeberang menggunakan KMP Siginjai. Sementara puluhan penumpang tak terangkut lantaran datang saat kapal sudah berangkat.
‘’Untuk 20 penumpang yang tak kebagian tiket, maka kita prioritaskan agar bisa mendapatkan antrean awal besok. Untuk lainnya antreannya sesuai dengan urutan kedatangan,’’ jelas Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Jepara, Suroto, kemarin.
Untuk keberangkatan, kemarin, ada tiga kapal yang berangkat KMC Express Bahari 3F dan 2C yang dioperatori PT Pelayaran Sakti Inti Makmur, KMP Siginjai yang dioperatori PT ASDP Kantor Cabang Jepara. Suroto membeberkan, semua kapal tersebut penuh penumpang yang menyeberang ke Karimunjawa.
KMC Express Bahari 3F mengangkut 400 penumpang dan KMC Express Bahari mengangkut 351 penumpang. Sementara KMP Siginjai mengangkut 300 penumpang.
‘’Jumlah penumpang tersebut sesuai dengan kapasitas maksimal kapal. Untuk KMP Siginjai memang ada kebijakan bersama untuk penambahan penumpang,’’ tuturnya.
Sesuai dengan pembahasan dengan UPP Syahbandar Jepara, lanjutnya, KMP Siginjai yang berkapasitas penumpang maksimal 260 orang, bisa menambah menjadi 301 penumpang. Jumlah itu termasuk awak kapal.
Penambahan jumlah penumpang dengan syarat kendaraan yang diangkut kurang. Patokannya adalah garis lambung kapal. Selain itu, jumlah alat keselamatan juga harus ditambah. Patokannya, jumlah alat keselamatan seperti jaket pelampung jumlahnya sesuai jumlah penumpang ditambah 30 persen.
‘’Untuk jumlah penumpang, patokannya adalah batas maksimal kemampuan kapal. Ini demi keselamatan,’’ tandasnya.
Tambah Trip
Menurutnya, untuk mengantisipasi membeludaknya penumpang saat musim liburan, solusinya adalah dengan penambahan trip perjalanan. Sementara untuk penambahan armada, PT ASDP menambah satu lagi kapal akan sulit terealisasi sebab membeludaknya penumpang hanya saat musim liburan.
‘’Nanti kalau di hari biasa, kapal akan banyak menganggur. Belum lagi saat musim baratan di mana rata-rata penyebarangan bisa vakum selama dua bulan. Kalau Express Bahari, bisa menambah trip dengan syarat ada penumpang 100 lebih,’’ ucapnya.
Hari ini, KMP Siginjai akan berlabuh dari Dermaga Kartini Jepara setelah kemarin melakukan perjalanan dua kali, Jepara-Karimunjawa dan Karimunjawa-Jepara. Demikian pula dengan satu kapal Express Bahari. 


Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/101238/penumpang-ke-karimunjawa-membeludak