33 asean summit 2018

Cari Blog Ini

Selasa, 03 Juli 2018

Ratusan Penyandang Disabilitas Dilatih Tanggap Bencana

REMBANG,  – Ratusan penyandang disabilitas dari berbagai kecamatan di Kabupaten Rembang, Senin (2/7) mendapatkan pelatihan tanggap bencana. Kegiatan yang dipelopori oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos dan PPKB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) itu digelar di Pendopo Museum Kartini.
Mereka mendapatkan pelatihan bagaimana bisa berdaya menyelamatkan dirinya ketika bencana terjadi. Materi yang ditekankan adalah mereka tidak merepotkan orang lain ketika terjadi insiden bencana di lingkungan.
Sedangkan dari sisi sosial, para penyandang disabilitas juga dipupuk bisa bersosialisasi secara normal dengan masyarakat serta lingkungan. Sehingga, mereka tidak merasa minder jika harus berinteraksi dengan masyarakat umum.
Pelaksana Tugas BPBD Rembang, Purwadi Samsi mengatakan, workshop tanggap bencana merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pengetahuan kepada para penyandang disabilitas, utamanya dalam hal kebencanaan.
Pengetahuan itu meliputi prabencana, tanggap darurat bencana, dan paskabencana. Ini adalah salah satu pemberian prioritas untuk pemenuhan penyandang disabilitas pada semua fase penanggulangan bencana,” terang Purwadi.
Menurutnya, untuk mewujudkan peran disabilitas dalam penanggulangan bencana dibutuhkan konsolidasi dan koordinasi secara berkelanjutan. Peran tersebut akan selalu diupayakan melalui kegiatan sosialisasi tanggap bencana bagi kalangan disabilitas.
Bupati Rembang, Abdul Hafidz dalam kesempatan itu menjanjikan akan membuat sebuah forum khusus penyandang disabilitas. Forum tersebut salah satunya adalah sebagai salah satu ajang komunikasi antarpenyandang disabilitas.
“Kami ingin ada forum yang menampung semua penyandang disabilitas, baik itu dari lahir atau dalam perjalanan hidupnya (kecelakaan). Melalui forum resmi mereka bisa menyampaikan aspirasinya dan kami melindungi hak-haknya mendapatkan pekerjaan,” papar Hafidz.



Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/99790/ratusan-penyandang-disabilitas-dilatih-tanggap-bencana