Cari Blog Ini

Senin, 20 Agustus 2018

Pemkab Pati Usul Bantuan Pilkades Rp 3 Miliar

PATI, - Dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pemerintah kabupaten (Pemkab) akan memberikan bantuan keuangan kepada desa peserta. Pemkab Pati mengusulkan anggaran bankeu pelaksanaan pilkades serentak sekitar Rp 3 miliar lebih.
‘’Namun untuk berapa realisasinya nanti tentu kami harus menunggu keputusan dalam pembahasan anggaran,’’ ujar Kasubag Pemerintahan Desa Indah Pebriana.  Bankeu itu diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pembiayaan dalam pelaksanaan pilkades yang direncanakan digelar Desember mendatang.
Indah Pebriana menambahkan sebenarnya pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati telah mengganggarkan di APBD tahun 201, namun pengganggaran itu dipastikan akan berubah mengingat adanya penambahan jumlah peserta di pilkades serentak tahun ini.
‘’Untuk di APBD Murni sebenarnya sudah tapi itu dianggarkan saat pesertanya masih 55 desa sedangkan sekarang ini sudah bertambah menjadi 61 desa,’’ kata Indah. Oleh karenanya, dia mengaku tengah mempersiapkan usulan baru di APBD Perubahan.
Sementara untuk anggaran yang didapatkan tiap desa nantinya akan berbeda-beda sesuai dengan jumlah warganya. Untuk kisarannya nantinya setiap desa akan menerima sebesar Rp 15 ribu dikalikan dengan jumlah penduduk di desa tersebut.
 ‘’Jadi nantinya antardesa berbeda. Selain itu penganggaran juga diambilkan dari APBDes. Jika memang ada yang belum dimasukkan dalam APBDes murni bisa dimasukkan ke dalam Perubahan,’’tambahnya.
Tahun ini pilkades serentak tahap kedua akan digelar dengan jumlah desa 61 desa. Jumlah tersebut lebih sedikit bila dibandingkan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2015, hanya 219 desa.
‘’Sedangkan untuk tahap ketiga direncanakan digelar pada tahun 2019 mendatang dengan jumlah sebanyak 121 desa,’’ katanya.



Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/115739/pemkab-pati-usul-bantuan-pilkades-rp-3-miliar