Cari Blog Ini

Rabu, 20 September 2017

Jamaah Disambut Tangis Haru

KOTA PATI-Jamaah haji Kabupaten Pati kloter pertama yakni kloter 39 akhirnya tiba di Pati kemarin. Ratusan jamaah haji menangis haru saat tiba di Halaman Pendapa Pati. Dari 355 jamaah, berkurang menjadi 353 karena ada dua jamaah haji yang meninggal di tanah suci karena sakit.

Sejak pukul 13.00 lingkungan kantor Bupati Pati dan Alun-Alun Simpang Lima Pati sudah dipadati para warga penjemput haji. Keluarga jamaah haji yang menjemput hanya diperbolehkan masuk sebagian. Sementara lainnya menunggu di luar pagar. Berbeda dengan tahun kemarin semuanya ikut masuk.

Tahun ini diberlakukan berbeda karena halaman pendapa dipenuhi dengan sembilan bus yang mengangkut jamaah haji. Jika semua penjemput masuk ke dalam, maka dipastikan situasinya akan sesak. Ini mengakibatkan semrawut dan petugas kesulitas menurunkan jamaah haji dari bus.

Jadwal kepulangan haji pukul 15.00. Berjam-jam mereka menunggu. Sekitar pukul 14.00, mobil sirine polantas terdengar dari kejauhan. Mobil polantas disusul sembilan bus mengangkut rombongan haji. Mendengar bunyi sirine, ribuan masyarakat yang menjemput, berduyun-duyun mendekati pagar.

Setibanya jamaah haji, disambut tangis oleh keluarga penjemput. Apalagi ada beberapa haji yang menggunakan kursi roda. Keluarga haji sangat senang bisa melihat jamaah haji kembali ke Pati dengan selamat. Sebab, hingga kini sudah ada tiga haji yang meninggal di Makkah.

Kepala Kementerian Agama Pati Akhmad Mundakir melalui Staf Haji M. Juned menyampaikan, kepulangan kloter 39 sebanyak 353 meliputi KBIH Al Khidmah, KBIH Zam-zam NU, dan KBIH Assalam. Pada keberangkatan sebelumnya ada 355 jamaah haji, karena meninggal dua jadi tinggal 353.

“Keduanya yang meninggal Mustari warga Desa Ketanggan, Gembong dan Sakijah warga Desa Kalikalong, Tayu karena sakit. Mereka sudah dimakamkan di pemakaman setempat di Makkah,” ungkapnya.

Pada tahun ini ada enam kloter. Kloter pertama sudah tiba di Pati dengan selamat. Sedangkan untuk kloter 88 dijadwalkan tiba di Pati 3 Oktober, kloter 89 dan kloter 90 pada 4 Oktober, dan kloter 91 serta kloter 92 direncanakan tiba di Bumi Mina Tani pada 5 Oktober mendatang.


Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/09/20/14737/jamaah-disambut-tangis-haru