Cari Blog Ini

Kamis, 21 September 2017

Para Yachter Nikmati Pindang Srani

KARIMUNJAWA – Gala dinner bagi para yachter yang singgah di Karimunjawa digelar Selasa (19/9) malam. Ada belasan yachter yang ambil bagian pada gala dinner tersebut. Mereka berbaur dengan masyarakat setempat untuk menikmati kuliner khas dan berbagai pertunjukan kesenian daerah.

Malam gala dinner itu dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Meski begitu, beberapa jam sebelum dimulai para yachter sudah datang ke lokasi acara. Mereka kemudian dirias menggunakan busana adat Jawa yakni kain lurik dan batik. Untuk yachter perempuan, riasan wajah juga ditambahkan untuk menyempurnakan penampilan mereka.

Gala dinner ini dimulai dengan menikmati berbagai masakan khas Karimunjawa. Olahan ikan mendominasi menu yang disajikan bagi para yachter. Beberapa di antaranya ikan bakar, bola-bola ikan, sampai pindang serani.

Usai menikmati berbagai makanan itu, para yachter dihibur penampilan tari topeng persembahan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara. Ada pula penampilan dari tari pencak yang ditampilkan salah satu sanggar di Desa Kemojan, Karimunjawa.

Pada malam gala dinner itu, para yachter juga kembali unjuk kebolehan di atas panggung. Mereka tampil mengenakan busana adat Jawa. Namun tak hanya berjalan sebagaimana saat fashion show, para yachter itu juga tampil menari sesuai kreativitas masing-masing.

Penampilan para yachter itu mampu membuat masyarakat dan tamu undangan terhibur karena sebagian besar menampilkan aksi kocak. Malam gala dinner ditutup dengan aksi joget bersama para yachter. Ada beberapa lagu yang disenandungkan khusus Bupati Jepara Ahmad Marzuqi untuk menghibur para yachter dan masyarakat Karimunjawa.

Salah satu perwakilan yachter, Zackly membacakan tulisan khusus berisi ucapan terimakasih pada malam gala dinner itu. Dia mengatakan, dia dan para yachter lain sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hidup di lautan. Mereka semua jauh dari keluarga. Namun sambutan hangat dari penyelenggara Sail Karimunjawa dan masyarakat setempat membuat mereka seperti memiliki keluarga kembali.

Zackly melanjutkan, para yachter memang berasal dari berbagai Negara yang berbeda, namun mereka yakin semuanya sama dan satu. ”Semuanya bisa bangga karena di sini pelayanan sangat luar biasa baik,” tutupnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Deni Hendarko mengatakan, rangkaian Sail Karimunjawa tahun ini terbilag sukses. Semua rangkaian acara berjalan lancar dan diikuti antusias oleh yachter dan masyarakat.

Meski begitu, ke depan pihaknya akan menyiapkan kegiatan yang lebih baik. Termasuk dalam kesenian tradisional yang ditampilkan. ”Tidak hanya tari-tarian tapi akan ditambah pula dengan musik tradisional yang yang lainnya,” ujarnya.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menambahkan, pihaknya berharap rangkaian acara Sail Karimunjawa bisa membekas bagi para yachter. ”Kami juga minta pada mereka menyampaikan berbagai potensi wisata di sini pada teman dan kerabat di Negara masing-masing supaya makin banyak yang mengunjungi Karimunjawa,” imbuhnya.

Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/09/21/14895/para-yachter-nikmati-pindang-srani