Cari Blog Ini

Selasa, 24 April 2018

Ada Gangguan Server, Pelaksanaan UNBK di Grobogan Molor 1,5 Jam

Grobogan – Gangguan server mewarnai pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Grobogan. Kondisi ini menyebabkan pelaksaan ujian molor hampir 1,5 jam dari jadwal semula.
Sedianya, jadwal ujian sesi I dimulai pukul 07.30 WIB. Namun, hingga pukul 08.00 WIB, para siswa belum bisa membuka akses komputer untuk mengerjakan soal ujian. Pelaksanaan ujian akhirnya baru bisa dimulai sekitar pukul 09.15 WIB, setelah gangguan server teratasi.
Saat ujian sesi I dimulai, sebagian siswa yang mendapat jadwal sesi II  sudah mulai berdatangan. Mundurnya pelaksanaan ujian pada sesi I menyebabkan peserta ujian sesi II harus menunggu lebih lama.
Kepala Dinas Pendidikan Grobogan Amin Hidayat menyatakan, gangguan server terjadi dalam skala nasional. Dengan demikian, gangguan juga terjadi di kabupaten lainnya.
“Sudah kita crosscek ternyata gangguan server ini dari pusat. Adanya gangguan server berdampak pada mundurnya jadwal ujian. Sekarang ini, pelaksanaan ujian yang berbasis komputer sudah lancar lagi,” katanya, Senin (23/4/2018).
Menurutnya, saat ini ada 135 SMP yang menyelenggarakan ujia nasional. Dari jumlah ini, ada 128 sekolah melaksanakan UNBK dan 37 sekolah masih ujian berbasis paper atau kertas. Untuk jumlah peserta ujian nasional ada 20.922 siswa.
Untuk sekolah yang menerapkan UNBK rata-rata menerapkan tiga sesi ujian karena keterbatasan komputer. Sesuai jadwal, sesi ketiga akan berakhir pada pukul 16.00. Karena ada kendala jaringan jadwal sesi terakhir akan molor hingga pukul 17.30 WIB.
Sementara itu, adanya gangguan server dalam pelaksanaan UNBK mendapat perhatian serius dari Bupati Grobogan Sri Sumarni. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kehadiran Sri di sejumlah sekolah untuk memantau kondisi lapangan sekaligus memberikan semangat pada para siswa.
“Hari ini memang terjadi gangguan server. Untuk itu, anak-anak jangan panik dan tetap semangat mengerjakan UNBK,” katanya saat berada di SMPN 1 Purwodadi.  


Sumber Berita : http://www.murianews.com/2018/04/23/141115/ada-gangguan-server-pelaksanaan-unbk-di-grobogan-molor-15-jam.html