Cari Blog Ini

Selasa, 26 Juni 2018

Coblosan Pilkada, PLN Blora & Cepu Siapkan Travo Emergency

BLORA –Perusahaan penyedia listrik di Kabupaten Blora, masing-masing PT PLN (Persero) Rayon Blora dan Rayon Cepu, menyatakan kesiapan 24 jam penuh untuk mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018.
Kesiapan itu, antara lain melakukan perawatan ulang jaringan sebagai langkah preventif, dan pembenahan peralatan maupun jaringan di lokasi-lokasi rawan terjadi gangguan, khususnya pada jaringan yang melintas di kawasan hutan.
“Untuk keperluan Pilgub, kami bentuk regu-regu siaga 24 jam, dan kesiapan listrik di sejumlah lokasi rawan gangguan,” jelas jelas Manager PT PLN Rayon Cepu Dominicus D. Sanjaya, Senin (25/6).
Di masing-masing rayon, juga sudah disiagakan tiga regu (tim) untuk bersiaga 24 jam penuh, dan jauh-jauh hari dilakukan pembenahan serta perawatan jaringan di lokasi vital.
Menurut Domi, panggilan Dominicus D. Sanjaya, mulai H-3 coblosan petugas rutin melakukan patroli keliling dengan berbagai dukungan perangkat pendukung, dan sarana komunikasi dua meter band.
Manajer PLN Rayon Cepu menambahkan, tenggat Lebaran dengan pelaksanaan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jateng 2018 tidaklah terlalu lama, hanya sekitar dua pekan, sehingga program perawatan saling menunjang.
Penanganan Cepat
Sebelum Lebaran, PLN sudah melakukan perawatan ulang jaringan sebagai langkah preventif, dan pembenahan peralatan jaringan di lokasi rawan terjadi gangguan, disiapkan dua travo mobil dan enam travo cantol (travo 50 KVA).
Kepala PT (PLN) Rayon Blora, Mahfud, juga melakukan langkah yang sama dalam kesiapan dan pelayanan listrik Pilgub, terutama melakukan perawatan rutin jaringan yang dinilainya rawan gangguan. “Perabasan pohon yang mengganggu jaringan sudah kami lakukan rutin sebelum Lebaran, mudah-mudahan listrik aman dan tidak ada gangguan,” katanya.
Menurutnya, tidak hanya melakukan perawatan jaringan, saat ini disiapkan sarana trafo mobil (trafo emergency) sebanyak dua unit (1 pasha & 3 pasha) untuk penanganan cepat bila terjadi permasalahan logistik trafo.  “Untuk keperluan Pilgub, kami lakukan pemeliharaan rutin dan pengamanan di semua jalur,” tambahnya.
Diakuinya, akhir-akhir terjadi beberapa gangguan dari dampak trafo overload, namun jauh-jauh hari sudah dilakukan upgrade trafo dan tambahan trafo baru serta  disiapkan trafo mobil 1-phasa dan 3-phasa.
Untuk perawatan dan pemeliharaan memang membutuhkan kerja ekstra, karena dibanding rayon lain di wilayah  PT PLN Area Kudus, jaringan listrik Blora serta Cepu banyak melewati kawasan hutan paling luas, dan pohon milik warga. “Semua ini untuk sukses Pilkada, karena listrik pendukung vital kelancaran pelakanaan,” tambah Mahfud.
Tekat kami, harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menyediakan suplai listrik secara terus menerus sepanjang hari,” tambah Kepala PT (PLN) Rayon Blora, Mahfud.
PLN sendiri, ingin memberikan pelayanan terbaik tidak hanya saat pilkada, tetapi juga kepada warga masyarakat, yakni dengan ketersediaan linstrik yang terus menerus sepanjang hari, kata Suhari lagi.


Sumber Berita : http://www.wawasan.co/home/detail/4780/Coblosan-Pilkada-PLN-Blora-Cepu-Siapkan-Travo-Emergency