Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Juni 2018

Mudik Lewat Blora Hati-hati, Banyak Titik Rawan Laka

BLORA – Lalu lintas Lebaran lewat jalur tengah Semarang-Purwodadi-Blora Cepu, Jumat  (8/6), mulai ramai dan lancar. Di sepnajang  jalur itu, sudah tidak ada lagi titik buka tutup dari dampak pembangunan jembatan, dan jalan.
Empat titik yang sering macet akibat sistem buka tutup, dan bdiberlakukan lalu lintas satu arah akibat proyek peningkatan jalan rigitd pavement (teknik perkerasan kaku cor beton) serta jembatan, kini sudah terbuka untuk dua arah.  “Lalu lintas mulai meningkat tapi lancar, pemudik kami imbau tetap waspada,” pesan  Kapolres Blora AKBP Saptono melalui Kasat Lantas AKP Himawan Aji Angga.   
Pantauan Koran Wawasan dari Semarang hingga Cepu, dan jalur linkar luar Cepu-Randublatung- Singget, melihat sebanyak enam titik proyek semua sudah mulai dibuka dua arah.
Tinggal tiga titik perbaikan jembatan di Blora yang masih ada sejumlah pekerja, yakni jembatan kali Kajangan, Kecamatan Kota Blora dan jembatan kali Gagaan, Kecamatan Kunduran untuk keperluan bersih-bersih.
“Semua pekerjaan sudah dihentikan, pekerjaan akan dilanjutkan H+10 Lebaran,” kata Kepala Balai Pelaksana Teknik Dinas Bina Marga Jawa Tengah Wilayah Purwodadi, Barkah Widiharsono.
Di jalur tengah itu, selain Polres Blora sudah menyiapkan sarana mendirikan empat pos pengamanan (Pospam), dan tiga Pos pelayanan (Posyan), juga menambah lebih dari 200 baner rambu peringatan di banyak titik-titik.
Pengamanan Mudik
Himawan mencontohkan, di kawasan hutan jati Cabak (Jl Blora-Cepu) selain didirikan Pospam Lebaran, juga didirikan Pospam tambahan, karena selain banyak kelokan tajam dan kawasan hutan jati, jalur ini rawan kecelakaan lalu-lintas (laka lantas).  “Kami mulai fokus pengamanan mudik, memberi pelayanan terbaik untuk warga,” tambah AKP Himawan Aji Angga.
Agar pemudik nyaman, pihaknya bekerja sama dengan institusi terkait dari TNI, Dinas Kesehatan (Dinkes), Perhubungan, Perhutani, PMI dan organisasi kemasyarakatan mendukung tugas-tugas polisi dalam pengamanan/pelayanan Lebaran.
Selain itu, pemudik yang lewat jalur Kunduran-Blora-Cepu dihimbau agar ekstra hati-hati terhadap penyeberang jalan, dan pengguna jalan lainnya, karena selain kawasan rawan laka lantas, saat ini padat pengendara sepeda motor.
“Masih banyak pengguna jalan yang belum cukup dewasa dalam memahami cara berlalu-lintas yang benar, maka pemudik harus berhati-hati,” pesannya.
Demikian juga dengan lingkar luar Cepu-Randublatung–Jati, selain sempit, dan banyak kelokan, di sepanjang jalur ini ada beberapa lokasi rawan laka, maka AKP Himawan Aji Angga SIK berpesan pengguna jalur ini harus hati-hati. 


Sumber Berita :  http://www.wawasan.co/home/detail/4551/Mudik-Lewat-Blora-Hati-hati-Banyak-Titik-Rawan-Laka